Rabu, 02 Desember 2020 04:23

Sidak, Ketua Komisi I Minta 900 Karyawan PT. Berlina Tbk Harus Swab Test Ulang

Selasa, 20 Oktober 2020 09:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ahmad Fuad
Sidak, Ketua Komisi I Minta 900 Karyawan PT. Berlina Tbk Harus Swab Test Ulang
Suasana sidak di PT Berlina Tbk Pandaan Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Pasuruan langsung melakukan sidak terkait temuan ratusan karyawan PT Berlina Tbk, yang reaktif hasil rapid test setelah dua orang karyawan lainnya dinyatakan positif Covid-19. Para wakil rakyat ini telah mendatangi manajemen pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Pandaan KM 43 Kabupaten Pasuruan, Senin (19/10).

Menurut penjelasan Into, selaku wakil manajer pabrik tersebut, bahwa karyawannya berjumlah 900. Sementara yang reaktif 166, dan yang 30 sudah dilakukan tes swab. Untuk sisanya dites secara bertahap.

Mendengar penjelasan wakil manajer seperti itu, sontak dr. Kasiman selaku ketua komisi nadanya langsung meninggi.

“900 karyawan harus tes swab. Kita akan terus memantau dan meminta agar perusahaan melakukan tes swab ulang,” tegas dr. Kasiman kepada BANGSAONLINE di lokasi, Selasa (20/11) pagi.

"Tentunya dari sisa ratusan karyawan (yang belum di-swab, red) tersebut orang tidak tahu kalau di antara mereka ada yang positif. Pastinya, kalau ada yang positif di antara mereka, secara otomatis virusnya nyebar. Maka dari itu, kita menekan perusahaan untuk gelar swab ulang dari seluruh karyawan yang ada," tegasnya.

Lanjut Kasiman, permintaan untuk melakukan tes swab ulang tersebut demi kebaikan bersama. Jika perusahaan mengabaikan imbauan ini, pihaknya akan merekomendasi untuk dilakukan penutupan sementara.

“Apabila pihak perusahaan tidak mengindahkan saran kita, maka tidak menutup kemungkinan akan kita rekomendasikan ke tim Satgas Covid-19 untuk penutupan sementara,” tambah politikus Partai Gerindra tersebut.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan, Ruslan. Menurutnya, perusahaan memang harus melakukan tes swab kepada karyawan yang telah reaktif. “Kita di sini tidak mencari-cari kesalahan perusahaan, tapi melakukan edukasi agar pihak perusahaan mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan,” ucapnya.

Rencana pelaksanaan tes swab ini dilakukan secepatnya. Untuk hasilnya nanti akan disampaikan kepada Satgas Covid-19. Dia juga memastikan terkait para pekerja yang diistirahatkan bakal tetap menerima hak-haknya secara utuh. “Soal upah tetap maksimal, artinya tidak ada pemotongan,” pungkas Nurul. (afa/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...