Kamis, 29 Oktober 2020 09:44

Penguatan Ekonomi Keluarga, Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Bantuan bagi UMKM Perempuan

Jumat, 16 Oktober 2020 22:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Penguatan Ekonomi Keluarga, Gus Muhdlor-Subandi Siapkan Bantuan bagi UMKM Perempuan
INOVATIF: Kader Muslimat Sidokumpul Sidoarjo menunjukkan Kartu Kurma, belum lama ini. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi mempunyai program khusus untuk pemberdayaan UMKM perempuan.

Yakni Program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma), salah satu dari 17 Program Kerja Sidoarjo MAS ini, sebagai upaya penguatan ketahanan ekonomi keluarga.

Kata Gus Muhdlor, pelaku usaha yang sudah terdaftar menjadi anggota program Kurma, bakal mendapatkan banyak fasilitas. Ada bantuan permodalan, pelatihan manajemen bisnis dan keuangan, pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, sampai pendampingan sertifikasi untuk berbagai jenis usaha.

"Pemegang Kartu Kurma nantinya akan mendapat bantuan modal bersubsidi yang besarnya bervariasi," cetus putra Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) ini, Jumat (16/10).

Bantuan modal yang disiapkan, kata Gus Muhdlor, antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta untuk setiap usaha. Besarnya disesuaikan skala usaha pemegang kartu Kurma.

(DAPAT APRESIASI: Saat bertemu Cawabup Subandi, ibu-ibu di Kecamatan Wonoayu merespons positif Program Kurma) 

Pemegang kartu juga mendapatkan pelatihan manajemen bisnis dan keuangan. Seperti pelatihan mengatur keuangan sehingga modal yang didapat bisa dimaksimalkan dan bisa digulirkan untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, juga bakal dapat pendampingan dan pelatihan pemasaran. Termasuk pemasaran digital, marketplace, pengemasan, dan lainnya. "Untuk sertifikasi jenis usaha kita juga prioritaskan," beber alumnus FISIP Unair ini.

Pemerintah daerah akan memberikan fasilitas sertifikasi seperti PIRT, sertifikasi Halal, atau sertifikasi BPOM, dan sebagainya sesuai kebutuhan atau sesuai bidang usaha pemegang kartu.

Program tersebut disambut baik oleh sejumlah warga Sidoarjo. Salah satu kader penggerak perempuan di Kecamatan Taman, Eni Kurniati mengakui Kurma menjadi salah satu program terbaik.

"Kurma ini bakal mampu memberikan jawaban atas keadaan ekonomi warga yang terpuruk. Karena dengan itu (Kartu Kurma), perempuan akan menjadi penggerak ekonomi di keluarga. Jadi partner suami untuk membangkitkan ekonomi," kata Eni belum lama ini. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...