Kamis, 29 Oktober 2020 17:18

​Tabebuya Mekar Hiasi Jalanan Kota Blitar

Kamis, 15 Oktober 2020 15:13 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
​Tabebuya Mekar Hiasi Jalanan Kota Blitar
Pohon bunga tabebuya kuning di Jalan Ahmad Yani Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Memasuki musim penghujan, pohon perindang kota jenis tabebuya mulai bermekaran di pinggir jalan Kota Blitar. Kecantikan bunga berwarna-warni yang mulai bermekaran itu terlihat di sejumlah ruas jalan, di antaranya Jalan Sultan Agung, Jalan Majapahit, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Semeru Kota Blitar.

Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Komunikasi Lingkungan DLH Kota Blitar, Rahmawati Anifah mengatakan, saat ini memang saat di mana bunga tabebuya mekar. Tanaman tabebuya yang berada di sebagian ruas jalan Kota Blitar itu memang mekar setiap tahun. Warna bunganya juga bermacam-macam, ada yang kuning, merah muda, putih, dan ungu. "Saat ini memang sedang saatnya bunga tabebuya mekar," kata Rahma, Kamis (15/10/2020).

Ia menambahkan, DLH berencana melakukan penghijauan kota dengan tanaman tabebuya ini. DLH akan menanam di beberapa ruas jalan lain karena keberadaan tanaman tabebuya itu belum begitu merata. Sebab, bermekarannya bunga tabebuya di pinggir jalan tersebut menambah keindahan dan pemandangan kota.

"Mungkin tahun ini kami tanam di beberapa ruas jalan. Di antaranya, Jalan Mastrip, Jalan Anggrek, dan Jalan Imam Bonjol hingga Jalan Kalimantan, Jalan Melati, dan Jalan Mahakam. Kami masih ada stok bibitnya," katanya.

Rahma menyebut, pohon tabebuya tersebut memang cocok untuk penghijauan di kawasan perkotaan. Karena tanaman itu tahan di segala cuaca. "Akarnya tunggang sehingga tidak sampai merusak jalan atau trotoar," paparnya.

Keindahan bunga yang sebagian sudah mulai berguguran ke aspal itu juga menjadi incaran sejumlah warga untuk berswafoto, dengan latar belakang pohon bunga tabebuya.

Mitha Kirana, mahasiswi sebuah universitas di Kota Blitar salah satunya. Ia tampak berpose dengan berbagai gaya di bawah pohon bunga tabebuya di Jalan Sultan Agung. Gadis manis ini mengaku, mekarnya bunga tabebuya di Kota Blitar membuatnya tak perlu jauh-jauh mencari spot foto menarik untuk diunggah ke media sosial miliknya.

"Rasanya seperti bukan di Blitar, pemandangan bunga tabebuya yang mekar di pohon dan ada sebagian yang berguguran membuat hasil foto seperti sedang berada di bawah pohon bunga sakura di Jepang kalau kita pandai memilih angel foto," ujar Mitha. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...