Sabtu, 31 Oktober 2020 11:40

Viral Video Anggota Ansor di Banyuwangi Dibaiat agar Pilih Ipuk-Sugirah, Dipimpin Ketua MWC NU

Minggu, 20 September 2020 19:05 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
Viral Video Anggota Ansor di Banyuwangi Dibaiat agar Pilih Ipuk-Sugirah, Dipimpin Ketua MWC NU
Sejumlah anggota Ansor di Banyuwangi saat dibaiat.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Beredar luas di jejaring media sosial whatsapp, video sejumlah anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Banyuwangi dibaiat agar mendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ipuk-Sugirah.

Dalam video berdurasi 1 menit 16 detik itu, sejumlah kader Ansor yang hadir dalam acara Rapat Kerja dan Orientasi Kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Rogojampi disumpah untuk memilih Ipuk-Sugirah dalam Pilkada Banyuwangi pada 9 Desember mendatang.

Tampak dalam video,  H. Nanang Nur Ahmadi, Ketua MWC NU Rogojampi menuntun sejumlah anggota yang hadir untuk mengucapkan sumpahnya, dan disaksikan Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat, yang tak lain adalah adik ipar Ipuk Fiestiandani Azwar Anas yang kebetulan menghadiri acara tersebut.

"Saya bersaksi, demi Allah saya bersumpah, pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, diri saya dan keluarga saya, anak dan bapak ibu saya dan saudara-saudara saya semuanya. Akan saya salurkan politik saya kepada pasangan Ipuk-Sugirah," kata Nanang dalam video tersebut memandu sejumlah orang yang hadir.

"'Lahaula Walakuwwata Illabillah. Demikian sumpah saya, semoga didengar oleh Allah dan dicatat amal baik oleh malaikat sebagai sesuatu amalan yang baik," tutupnya.

Nanang yang dulunya pernah nyaleg DPRD Banyuwangi lewat PKB itu juga mengatakan dalam video tersebut, bahwasanya secara organisasi ormas tidak boleh berpoliitik. 

"Tetapi kita harus ambil peran dalam berpoliitik. Kalau tidak, diambil oleh orang lain," ujarnya. "Politik ini adalah kekuasaan, Hawal sudah, harus kita rebut," sambungnya.

Saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Nanang mengaku hal tersebut ia lakukan secara spontanitas, tanpa ada rencana dan tujuan apapun. "Secara pribadi dan spontanitas saja waktu itu. Tidak ada hal maksud lain," dalih Nanang.

"Karena secara pribadi saya milih Ipuk-Sugirah dan kebetulan ada yang dukung Ipuk-Sugirah dan Yusuf-Gus Riza. Jadi saat itu spontanitas saja, saya ingin kesaksiannya," kata Nanang.

Lebih lanjut, Nanang menjelaskan, dia tidak memaksa kepada anggota Ansor ataupun anggota NU lainnya untuk memilih seperti apa yang telah dia yakini sebagai warga negara yang memiliki hak berpolitik.

"Kita ini tidak boleh mengarahkan. Karena kita adalah ormas dan bukan partai politik. Jadi kita kembalikan lagi ke masing-masing pribadi terkait pilihannya untuk mendukung calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Banyuwangi, Sukron Makmun Hidayat saat dikonfirmasi terkait video tersebut tidak mau berkomentar banyak. "Tiba-tiba saja seperti itu, coba tanya saja ke yang nge-share itu," kata Sukron sembari menyebut sosok yang diduga pembuat video tersebut. (guh/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...