Kamis, 15 April 2021 00:50

Gugatan Sengketa Pilkada Banyuwangi Telah Diregister oleh Mahkamah Konstitusi

Senin, 18 Januari 2021 16:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herry Sulaksono
Gugatan Sengketa Pilkada Banyuwangi Telah Diregister oleh Mahkamah Konstitusi
Yusuf Widiatmoko bersama Rudi Santoso.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com -  Gugatan sengketa Pemilu Bupati - Wakil Bupati Banyuwangi 2020 yang diajukan pasangan Yusuf Widyatmoko - KH Muhammad Riza Aziziy telah diregister oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Kabar ini disampaikan mantan Tim Pemenangan Yusuf - Reza, Rudi Santoso.

Gugatan itu diajukan ke MK pada 21 Desember 2020 lalu. Dalam situs MK tertulis APPP: 90/PAN.MK/AP3/12/2020 dengan KPU Banyuwangi selaku termohon. Menurut Rudi, permohonan tersebut teregistrasi dengan Nomor: 87/PHP.BUP-XIX/2021.

"Alhamdulillah akhirnya diregistrasi. Ini yang kami tunggu. Rencananya sidang awal akan digelar antara 26 - 29 Januari 2021," ungkap pria yang disapa Rudi Begal itu.

Pasangan Yusuf - Reza menunjuk Zubairi, Moch. Zaeni, dan Reza Auliansyah sebagai kuasa hukum setelah dinyatakan kalah dari pasangan Ipuk - Sugirah dalam rekapitulasi penghitungan suara KPU Banyuwangi Desember 2020.

BACA JUGA : 

MK Tolak Gugatan Yusuf-Riza, KPU Segera Tetapkan Ipuk-Sugirah sebagai Bupati-Wakil Terpilih

​KPU Banyuwangi Optimis Menang Gugatan Sengketa PHP di MK

Datangi Kantor Bawaslu, ​Aliansi Rakyat Banyuwangi Bersatu Gelar Aksi Damai

Hasil Rapat Pleno KPU, Paslon Ipuk-Sugirah Unggul Tipis di Pilkada Banyuwangi 2020

Pasangan Yusuf - Reza menunjuk Zubairi, Moch. Zaeni, dan Reza Auliansyah sebagai kuasa hukum setelah dinyatakan kalah dari pasangan Ipuk - Sugirah dalam rekapitulasi penghitungan suara KPU Banyuwangi Desember 2020.

Menurut Rudi, selain tim kuasa hukum lokal, Yusuf - Riza juga menggandeng pengacara dari Jakarta.

"Untuk pengacara dari ibu kota tidak kita buka dulu. Namun yang jelas dia pernah di KPK," lanjut Rudi Begal, Senin (18/1/2021).

Menanggapi registrasi itu, KPU Banyuwangi sebagai termohon tengah mempersiapkan diri. Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman menjelaskan, pihaknya akan menggelar rapat internal dalam rangka mempersiapkan perlawanan.

"Masih akan kita rapatkan nanti. Mungkin nanti sore atau malam nanti, karena kami baru pulang dari luar kota," jelasnya. (bwi/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...