Jumat, 18 September 2020 20:32

Cegah Penyebaran Covid-19, Hari ini Petugas Gabungan di Lamongan Lakukan Tes Swab Pengunjung Warkop

Rabu, 16 September 2020 13:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Cegah Penyebaran Covid-19, Hari ini Petugas Gabungan di Lamongan Lakukan Tes Swab Pengunjung Warkop
Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan salah satu pengunjung warkop.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Lamongan. Di antaranya, petugas melakukan swab test terhadap pengunjung warung kopi atau kafe, Rabu (16/9).

Pemeriksaan sampling swab itu dilakukan di sejumlah kafe di dalam Kota Lamongan dan sejumlah kafe di Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Turi, Kecamatan Tikung, dan di Kecamatan Karangbinangun.

Dalam kegiatan selain diikuti jajaran Pemda Lamongan, juga diikuti oleh Kapolres AKBP Harun, Dandim Letkol inf Sidik Wiyono, Kasipidum Kajari Lamongan Irwan Syafari, serta 1 peleton gabungan Polres Lamongan, 1 regu dari Kodim Lamongan, dan 1 regu Satpol PP.

Menurut Kapolres Lamongan AKBP Harun melalui Kasubag Humas AKP Djoko Bisono, selain dilakukan swab test, pengunjung kafe yang tidak menggunakan masker juga dilakukan penindakan berupa sidang di tempat oleh Satsabhara dan Satpol PP Lamongan.

“Pelanggar diberikan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) cepat dengan pasal yang diterapkan yaitu Pasal 20, 27, dan 49 Perda Provinsi Jatim Nomor 02 tahun 2020 dengan denda maksimal Rp 50.000.000,- atau kurungan penjara paling lama 3 bulan,” kata AKP Djoko Bisono, Rabu (16/9).

Selain gencar melakukan pemeriksaan terdahap pengunjung warkop, dalam pencegahan Covid-19, petugas juga gencar melakukan razia atau operasi penggunan masker bagi pengguna kendaraan.

“Maka untuk keperluan sosialisasi dan penindakan hari ini, kita menggelar sidang kepada para pelanggar yang tidak menggunakan masker. Kita sidangkan secara formal dan langsung kita putuskan bagaimana rasa keadilan, dalam rangka mengingatkan masyarakat bahwa pemakaian masker di tempat umum adalah wajib,” kata Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lamongan, RA Mauladi.

Menurutnnya, sanksi atau hukuman untuk para pelanggar berupa denda maksimal 50 juta rupiah bagi warga yang tertangkap basah tidak menggunakan masker.

“Tapi tentu tidak selalu maksimal. Mungkin sekitar 10 ribu atau 20 ribu rupiah, sekaar mengingatkan kepada masyarakat agar mengetahui bahwa tidak menggunakan masker adalah suatu pelanggaran,” pungkasnya. (qom/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...