Selasa, 27 Oktober 2020 22:22

Tak Pakai Masker, Warga Lamongan Didenda Rp 10 Ribu

Senin, 14 September 2020 16:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Tak Pakai Masker, Warga Lamongan Didenda Rp 10 Ribu
Pelanggar masker saat menjalani sidang di Lamongan Sport Center. (foto: ist).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya pencegahan Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan melakukan tindakan tegas bagi warga yang melanggar protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker.

Para pelanggar langsung disidang di tempat dan didenda Rp 10 ribu. Hal ini seperti yang terjadi saat operasi yustisi digelar di Lamongan Sport Center, Jalan Basuki Rahmat Lamongan, Senin (14/9/2020) siang.

"Kita menggelar sidang kepada para pelanggar yang tidak menggunakan masker. Kita sidangkan secara formal dan langsung kita putuskan bagaimana rasa keadilan, dalam rangka mengingatkan masyarakat bahwa pemakaian masker di tempat umum adalah wajib," kata Ketua Pengadilan Negeri Lamongan, Raden Ari Muladi, S.H., pada sejumlah awak media.

Ia menjelaskan, sanksi atau hukuman yang diberikan berupa denda maksimal sebesar Rp 50 juta bagi warga yang tertangkap basah tidak menggunakan masker.

"Tapi tentu tidak selalu maksimal. Mungkin sekitar Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu, sekadar mengingatkan kepada masyarakat agar mengetahui bahwa tidak menggunakan masker adalah suatu pelanggaran," jelasnya.

"Dan jika saat kedapatan tidak memakai masker mereka tidak memiliki uang untuk membayar sanksi denda setelah digelar sidang, maka hukuman kurungan sebagai gantinya. Kalau tidak punya uang pasti punya badan, kita masukkan ke dalam penjara, paling lama 3 bulan," sambungnya.

Ia mengakui saat ini masih banyak warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah. Baik itu di pasar atau tempat umum lainnya. Karena itu, ia berharap razia hari ini bisa menyadarkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan.

"Razia atau operasi tidak hanya dilakukan di wilayah kota saja, nanti kita juga akan ke kecamatan-kecamatan yang jauh dari pusat kota ini. Kita akan koordinasikan bersama Pak Bupati, Pak Kapolres, dan Pak Dandim, untuk menyelenggarakan sidak di kecamatan-kecamatan," paparnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Fadeli mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan tetap patuh protokol kesehatan, di antaranya pakai masker.

"Sesuai Perdaprov No 02 Tahun 2020, ada sanksi atau denda bagi pelanggar yang tidak memakai masker, dan mulai hari ini kita sosialisasikan. Semoga masyarakat semakin sadar pentingnya menggunakan masker," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (14/9/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Kapolres Lamongan AKBP Harun, Dandim Letkol Inf. Sidik Wiyono, Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan Agus Setiadi, dan Pjs. Sekda Lamongan Hery Pranoto, serta sejumlah kepala OPD. (qom/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...