Kamis, 17 Oktober 2019 23:40

Gara-Gara Sengketa Tanah, Kades Rengel Tuban Digugat Warganya

Kamis, 22 Januari 2015 22:24 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Suwandi
Gara-Gara Sengketa Tanah, Kades Rengel Tuban Digugat Warganya
Suasana sidang di Pengadilan Negeri Tuban. (Suwandi/BangsaOnline)

TUBAN (BangsaOnline) - Kepala Desa Sawahan, Kecamatan Rengel, Tuban, Sunarto digugat oleh warganya bernama Masriyani (75) gara-gara masalah hak kepemilikan tanah seluas 500 meter persegi.

Informasi yang dihimpun BangsaOnline, tanah yang ditempati ibu rumah tangga itu adalah tanah negara. Namun, karena Masriyani merasa sudah menempati 35 tahun, Masriyani tak rela jika tanah tersebut diambil oleh pemerintah desa. Akibatnya, perkara tersebut pun dibawah ke meja hijau.

Kuasa hukum penggugat (Masriyani), Mochamad Saeri, SH ketika dikonfirmasi, Kamis (22/1) mengatakan, bahwa tanah seluas 500 meter persegi itu awalnya tanah milik negara. Namun sudah di kuasai Masriyani selama 35 tahun.

"Tanah tersebut sudah dikuasi bertahun-tahun sejak tahun 1979," terangnya.

Namun, lanjut Saeri Tanah tersebut sudah menjadi hak milik kliennya seluas 200 meter persegi. Sedangkan sisanya masih belum menjadi hak milik. Sebab, Masriyani tidak punya dana untuk mengajukan hak milik semua tanahnya seluas 500 meter persegi.

"Ibu Masriyani terkendala uang untuk mengajukan permohonan hak milik tanahnya, sehingga yang diajukan menjadi hak milik hanya 200 meter persegi," jelas Saeri.

Sementara itu, Maryanto, Kuasa hukum tergugat dari Badan Hukum Pemerintah Kabupaten Tuban menyampaikan bahwa sidang kali ini masih membacakan gugatan. Satu minggu lagi akan ada sidang lanjutan dan kita akan memberi jawaban terkait gugatan tersebut.

"Seminggu lagi kita akan memberi jawaban atas gugatan ini, untuk pertanyaan yang lebih lanjut nanti dulu mas ya," jelasnya secara singkat dan terburu-buru.

Sementara itu, sidang kasus sengketa tanah tersebut berlangsung di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Tuban yang mendatangkan penggugat dan tergugat. Namun penggugat tidak hadir hanya diwakili kuasa humumnya. Sedangkan tergugat Kepala Desa turut hadir dalam sidang tersebut yang didampingi kuasa hukum dari Pemerintah Tuban.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...