Kamis, 01 Oktober 2020 12:09

​Menpora Optimis Surabaya Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 06 Agustus 2020 20:47 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
​Menpora Optimis Surabaya Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20
Stadion Gelora Bung Tomo. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku optimis dan yakin bahwa kesiapan Kota Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021 tak diragukan lagi. Apalagi, selama ini Kota Surabaya sering menjadi tuan rumah penyelenggara event-event skala internasional.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Menpora Zainudin Amali saat menggelar jumpa pers bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini melalui daring di Jakarta, Kamis (6/8/2020).

"Pengalaman Kota Surabaya dalam menjadi tuan rumah event internasional saya kira tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dengan komitmen pimpinan daerah ibu wali kota yang sungguh-sungguh mempersiapkan," kata Menpora.

Meski ada sedikit keterlambatan terkait pembangunan beberapa fasilitas pendukung karena dampak pandemi Covid-19, namun Menpora optimis, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mampu menyelesaikan hal itu.

"Karena ada hambatan adanya pandemi Covid-19 ini, maka agak tertunda sedikit. Tapi pada dasarnya beliau (Wali Kota Risma) sampaikan Surabaya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021," ujarnya.

Ia mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi presiden (inpres) terkait penetapan stadion-stadion dan kota-kota, serta keterlibatan dari pemerintah. Baik itu kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah. "Di mana (lokasi) yang ditempati oleh pertandingan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 itu," papar Zainudin.

Di tempat yang sama, Wali Kota Risma mengatakan bahwa saat ini pembangunan fasilitas pendukung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) hampir rampung. Bahkan, di bulan September 2020 nanti, progresnya mencapai sekitar 90 persen.

"Kita Stadion Utama GBT Insya Allah sudah ready. Sekitar 90 persen sudah siap pada bulan September nanti," kata Wali Kota Risma.

Di samping menyiapkan stadion utama untuk pertandingan, lima lapangan lain juga disiapkan Pemkot Surabaya sebagai lokasi latihan para pemain. Dua di antaranya, yakni Stadion Gelora 10 November dan Lapangan Thor. Sedangkan tiga lapangan lain berada di kompleks Stadion Utama GBT.

"Kita yang Gelora 10 November Insya Allah sudah clear, bulan depan selesai. Sedangkan Lapangan Thor itu sekarang kita sedang ganti lampu 1.200 lux seperti standar untuk latihan," ungkapnya.

Risma menambahkan, tiga lapangan baru yang disiapkan Pemkot Surabaya di kompleks Stadion GBT tersebut, tak hanya digunakan untuk tempat latihan Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Tapi, pihaknya ingin lapangan baru itu ke depan dapat dimanfaatkan untuk event-event selanjutnya.

"Sebetulnya Surabaya banyak sekali lapangan bola. Tapi kita ingin yang tiga lapangan bola ini ke depannya bukan hanya untuk Piala Dunia U-20, tapi juga untuk event-event berikutnya. Sebetulnya targetnya November ini selesai, tapi karena kemudian ada Covid-19 ini, sehingga (pembangunannya) ini agak delay," pungkasnya. (ian/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...