Sabtu, 26 September 2020 10:21

Sebelum Resmi Dibuka, Wabup Qosim Pimpin Doa Bersama di Pondok Rehabilitasi dan Observasi Covid-19

Senin, 20 Juli 2020 17:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sebelum Resmi Dibuka, Wabup Qosim Pimpin Doa Bersama di Pondok Rehabilitasi dan Observasi Covid-19
Wabup Qosim saat memimpin doa pembukaan pondok rehabilitasi Covid-19 di Stadion Gejos. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim mengajak pejabat serta para petugas yang ada di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) doa bersama sebelum Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 tersebut dibuka.

"Sebelum pembukaan yang Insya Allah dilaksanakan pada Kamis (24/7/2020), mari bersama kita berdoa agar pasien Covid-19 yang akan dirawat, diisolasi, dan direhabilitasi di stadion bisa segera disembuhkan. Yang paling penting kita berdoa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir, sehingga Gelora Joko Samudro bisa difungsikan kembali sebagaimana mestinya," ujar Wabup Qosim sebelum memulai doa bersama di Stadion Gejos, Senin (20/7/2020) sore.

Dalam kesempatan itu, Wabup Qosim menyatakan, setiap hari dirinya melihat pasien Covid-19 di Gresik semakin meningkat, sehingga seluruh rumah sakit rujukan yang ada di Gresik penuh.

"Saya juga mendengar keluhan dari Dirut Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik yang menyatakan keprihatinannya karena tidak bisa memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 di Gresik secara layak dan optimal. Bahkan beberapa di antaranya harus dirujuk ke luar kota," jelasnya.

Wabup mengajak seluruh yang hadir untuk berdoa dengan khusyuk agar Allah SWT segera mengakhiri pandemi Covid-19. "Doa ini juga salah satu upaya batin, setelah upaya dohir dengan membangun pondok rehabilitasi serta kegiatan lain kita laksanakan," terangnya.

Setelah berdoa bersama, Wabup Qosim langsung mengecek kesiapan beberapa fasilitas tempat yang dapat menampung 140 pasien Covid-19 tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Reza Pahlevi mengatakan, di Stadion Gejos selain dibangun bilik-bilik serta pengadaan fasilitas sesuai standar juga ada fasilitas yang sudah disesuaikan dengan alur layanan. Mulai dari penerimaan pasien, penatalaksanaan pasien sampai pada merujuk pasien atau pemulangan pasien yang sudah sembuh.

"Tenaga kesehatan dan tenaga nonkesehatan juga telah disiapkan. Mereka berasal dari relawan serta tenaga penugasan. Tim kami juga telah menyusun penjadwalan tenaga kesehatan pada setiap putaran sif selama 14 hari sebanyak 17 orang dokter dan 19 perawat," jelasnya.

Ditambahkan Reza, selama 24 jam akan dibagi 3 sif. Untuk kebaikan bersama, para tenaga kesehatan akan bertugas selama 14 hari, dilanjutkan dengan swab dan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Tenaga pengamanan dari Satpol PP juga telah kami siapkan dengan penjagaan 3 sif, 4 personel pada setiap sif yang akan dibantu oleh tenaga dari Polres Gresik dan TNI dari Kodim 0817 Gresik," pungkasnya. (hud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...