​Peduli Warga Terdampak Covid-19, Lumbung Tani Mandiri Kediri Gratiskan Sayur Mayur

​Peduli Warga Terdampak Covid-19, Lumbung Tani Mandiri Kediri Gratiskan Sayur Mayur Basori (duduk) saat memanen sayuran yang selanjutnya dibagikan secara gratis kepada warga yang membutuhkan. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 memang tidak diketahui kapan akan berakhir. Tetapi apabila berkelanjutan, krisis pangan tentu akan menghantui warga sebagai dampak yang menyeramkan. Namun, sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan berbagai pihak guna mengantisipasinya, baik dari pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Di berbagai daerah, masyarakat mulai melakukan penghematan dan menanam bahan pangan lokal. Gerakan beli hasil tanaman pangan petani lokal juga digencarkan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan.

Ketahanan pangan sendiri adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan, jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan.

Guna membantu ketahanan pangan bagi warga terdampak Covid-19, Lumbung Tani Mandiri di Desa Srikaton, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten yang menanam berbagai jenis sayuran seperti kangkung, sawi, seledri, tomat, kenikir, bawang merah, dan kubis berinisiatif membagikan hasil panennya kepada warga sekitar.

Basori, salah satu penggagas Lumbung Tani Mandiri di Desa Srikaron menjelaskan bahwa apa yang dilakukan adalah sebagai bentuk kepedulian kawan-kawan yang tergabung di Lumbung Tani Mandiri.

"Hasil tanam berbagai jenis sayuran tersebut akan dibagikan secara gratis kepada warga, utamanya warga terdampak Covid-19. Niat kami adalah untuk kebaikan. Membantu sesama yang terdampak Covid-19," kata Basori, Jumat (12/6/2020).

Basori menambahkan, pihaknya melalui Rolling Charity (Roty) juga telah menyalurkan bantuan berupa 3.800 paket sembako kepada warga terdampak. Menurut Basori, buruh tani dan guru ngaji adalah prioritas utama yang dibantu.

"Roty sendiri sudah berjalan sekitar 5 tahun, tiap Jumat Legi kami melakukan bedah rumah, dan tiap hari Jumat kami memberi uang kepada kaum duafa. Tak lupa kami haturkan banyak terima kasih kepada para donatur yang turut membantu program kami ini," pungkas Basori. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO