​Risma Ajak Semua Pengurus Tempat Ibadah Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

​Risma Ajak Semua Pengurus Tempat Ibadah Ketat Terapkan Protokol Kesehatan Wali Kota Risma saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada para pengurus tempat ibadah melalui video conference (vidcon) di Balai Kota Surabaya, Rabu (10/06/2020). (foto: YUDI A/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Tri Rismaharini melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada para pengurus tempat ibadah di melalui video conference (vidcon) di Balai Kota , Rabu (10/6/2020).

Hal itu bertujuan untuk mendorong dan mengajak mereka agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sosialisasi tersebut, diikuti mulai dari tokoh agama, takmir masjid atau musala, serta para pengurus gereja, vihara, dan kelenteng di . Selain itu, diikuti pula oleh Kapolrestabes , Kapolres Tanjung Perak, dan Danrem 084/Bhaskara Jaya beserta Dandim Timur, Selatan, dan Utara.

Sosialisasi ini berlangsung secara bertahap. Pertama, pada pukul 09.00 WIB, Wali Kota Risma melakukan sosialisasi bersama tokoh agama beserta pengurus masjid dan musala. Kemudian, pada pukul 11.00 WIB, sosialisasi diikuti pengurus gereja, vihara, dan kelenteng di .

“Mulai kemarin kita sudah membuat protokol-protokol atau tatanan di tengah pandemi ini. Kita juga lakukan sosialisasi kepada kelompok yang lain. Kita sudah keluarkan pedoman, nanti akan saya edarkan,” kata Risma.

Dalam pedoman itu, salah satunya disebutkan bahwa pengurus tempat ibadah harus menyiapkan petugas-petugas atau relawan untuk menjaga di pintu masuk area tempat ibadah. Mereka bertugas untuk melakukan screening atau pengecekan suhu tubuh, serta mengatur jemaah yang akan melaksanakan ibadah.

“Pertama kita harus menyiapkan petugas yang harus setiap akan melaksanakan salat harus ada yang jaga. Karena ini penting, untuk bisa screening siapa yang tidak boleh berada di masjid atau musala kita,” katanya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO