SMPN 5 Kota Mojokerto Deklarasikan Gerakan Tolak Perundungan 'Roots Day'

SMPN 5 Kota Mojokerto Deklarasikan Gerakan Tolak Perundungan Cegah Bullying, Ruby Hartoyo memimpin deklarasi anti perundungan di SMPN 5 Kota Mojokerto

KOTA MOJOKERTO,BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa-siswi, guru dan kepala SMP Negeri 5 mendeklarasikan tolak atau bullying

Gerakan bertajuk Jalin Persahabatan Jauhi Perselisihan ini digelar demi menjadi komitmen bersama untuk menciptakan sekolah yang menyenangkan dan bebas .

Deklarasi digelar di halaman sekolah yang terletak di jalan raya Meri, Kecamatan Kranggan, Senin (6/05/2024). 

Acara ini dihadiri Kepala dan Kebudayaan (Dikbud) , Ruby Hartoyo, Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Polres Mojokerto Kota, Lurah Meri serta Komite Sekolah.

"Deklarasi ini adalah komitmen bersama, tidak boleh ada lagi di lingkungan pendidikan. Semangatnya agar di sekolah tidak terjadi lagi dan kekerasan antarsiswa," kata Kepala SMP Negeri 5, Nono Purnomo usai deklarasi.

Kasek Nono menegaskan deklarasi ini bukan sekedar seremonial. 

"Kalau ada gebyar terus ada kasus kami malu. Saya tekankan pada teman-teman, dapat penghargaan Adiwiyata Propinsi, percuma kita dapat selembar kertas kalau perilakunya buang sampah sembarangan. Sama, semangatnya agar di sekolah tidak terjadi dan kekerasan antarsiswa," tandasnya.

Ia berharap deklarasi ini menjadi bagian dari perilaku siswa. Bukan sekedar seremoni tapi tidak berimplikasi yang mencerminkan anti kekerasan itu sendiri.

Untuk menunjang gerakan anti ini, lanjutnya, juga menyiapkan sejumlah infrastruktur. 

Mulai dari pelaporan, TTPK (Tim Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan), dan Bimbingan dan Konseling (BK). 

"Kita juga ada WA (whatsapp) untuk mengantisipasi anak yang hendak konsul ke BK. Sebab kadang anak yang datang ke BK malah dikira sebagai spionase," ungkapnya.

Yang menarik, untuk mendukung gerakan ini pihak sekolah melibatkan

Lihat juga video 'Antisipasi Pelajar agar Tak Terjerumus Narkoba, Pemkab Nganjuk Berikan Pembekalan Penguatan Karakter':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO