Selasa, 11 Agustus 2020 05:09

Positif Covid-19 di Gresik Tembus 122 Orang, Bupati Perintahkan RS Tambah Ruang Isolasi

Sabtu, 23 Mei 2020 12:22 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Positif Covid-19 di Gresik Tembus 122 Orang, Bupati Perintahkan RS Tambah Ruang Isolasi
Suasana rapat evaluasi yang dipimpin Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik, Sambari Halim Radianto. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta kepada semua rumah sakit (RS) di Kabupaten Gresik yang menjadi rujukan pasien virus Covid-19, agar menambah ruang untuk isolasi.

Langkah ini setelah melihat tren kenaikan jumlah masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19. Terhitung hingga Jumat (22/5) petang, jumlah warga Gresik yang dinyatakan positif Covid-19 tembus 122 orang.

"Kami medesak seluruh rumah sakit (RS) rujukan di Kabupaten Gresik untuk memberikan tambahan ruangan untuk isolasi dan perawatan kasus Covid-19," ujar Bupati saat memimpin rapat, Sabtu (23/5)

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Saifudin Ghozali, mengungkapkan saat ini total ada 98 ruangan dari seluruh rumah sakit yang dijadikan rujukan untuk pasien Covid-19. Nantinya akan ditambah hingga menjadi 160 ruangan, serta ditambah 34 ruangan khusus.

"Setelah rapat ini, Bupati mendesak agar ada penambahan ruangan yang sangat signifikan. Jadi, rumah sakit swasta maupun RS Ibnu Sina juga diminta untuk memberikan tambahan ruangan untuk perawatan kasus Covid-19. Insya Allah pada Senin (25/5), semua ruangan tambahan ini sudah siap," papar Ghozali didampingi Kabag Humas Pemkab Gresik, Reza Pahlevi.

Dikatakan Ghozali, RSUD Ibnu Sina akan menyiapkan sebanyak 65 ruangan. Ruangan itu ada di ruang G, ruang H, dan ruangan dengan tekanan negatif.

Terkait penambahan pasien positif Covid-19 yang beberapa hari belakangan pesat, menurut Ghozali dikarenakan adanya tracing masif yang dilakukan dinkes kepada beberapa klaster besar.

"Langkah ini sengaja kami lakukan seminggu yang lalu ketika ada klaster besar yang beberapa di antaranya tinggal di Gresik. Sebut saja klaster Sampoerna, sesuai data ada 300 karyawan Sampoerna yang tersebar di seluruh Gresik," ungkapnya.

Sementara di hari yang sama, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim melakukan sidak ke Dinkes, RSUD Ibnu Sina, dan Puskesmas Alun-alun. Wabup melihat langsung gudang alat pelindung diri (APD) milik Dinkes. Ia juga meninjau pusat pengolahan data COVID-19 yang ada di ruangan Sekretaris Dinkes.

Sementara pada saat sidak di RSUD Ibnu Sina, Wabup didampingi Dirut RSUD Ibnu Sina Endang Puspitowati melihat sejumlah ruangan yang sudah siap untuk isolasi pasien COVID-19.

"Kami sudah siapkan semuanya. Pasien di ruang Gardena sudah kami pindah dan kami melengkapi dengan sarana dan prasarana sesuai protokol WHO sudah kami siapkan. APD juga cukup, namun untuk tenaga kesehatan kami masih memakai tenaga yang ada saat ini," ujar Endang. (hud/ns)     

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...