Minggu, 09 Mei 2021 20:56

Positif Covid-19 di Gresik Tembus 122 Orang, Bupati Perintahkan RS Tambah Ruang Isolasi

Sabtu, 23 Mei 2020 12:22 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Positif Covid-19 di Gresik Tembus 122 Orang, Bupati Perintahkan RS Tambah Ruang Isolasi
Suasana rapat evaluasi yang dipimpin Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik, Sambari Halim Radianto. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta kepada semua rumah sakit (RS) di Kabupaten Gresik yang menjadi rujukan pasien virus Covid-19, agar menambah ruang untuk isolasi.

Langkah ini setelah melihat tren kenaikan jumlah masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19. Terhitung hingga Jumat (22/5) petang, jumlah warga Gresik yang dinyatakan positif Covid-19 tembus 122 orang.

"Kami medesak seluruh rumah sakit (RS) rujukan di Kabupaten Gresik untuk memberikan tambahan ruangan untuk isolasi dan perawatan kasus Covid-19," ujar Bupati saat memimpin rapat, Sabtu (23/5)

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Saifudin Ghozali, mengungkapkan saat ini total ada 98 ruangan dari seluruh rumah sakit yang dijadikan rujukan untuk pasien Covid-19. Nantinya akan ditambah hingga menjadi 160 ruangan, serta ditambah 34 ruangan khusus.

BACA JUGA : 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Memenangi Lelang Bandeng Gresik

Lulusan S1 Unair Kalah dari Kejar Paket C, Bupati Gresik: Usut Rekrutmen Perangkat Desa Munggugebang

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Hadiri Rapat Pleno Golkar Gresik, Gus Yani Ajak Sukseskan Program Nawa Karsa

"Setelah rapat ini, Bupati mendesak agar ada penambahan ruangan yang sangat signifikan. Jadi, rumah sakit swasta maupun RS Ibnu Sina juga diminta untuk memberikan tambahan ruangan untuk perawatan kasus Covid-19. Insya Allah pada Senin (25/5), semua ruangan tambahan ini sudah siap," papar Ghozali didampingi Kabag Humas Pemkab Gresik, Reza Pahlevi.

Dikatakan Ghozali, RSUD Ibnu Sina akan menyiapkan sebanyak 65 ruangan. Ruangan itu ada di ruang G, ruang H, dan ruangan dengan tekanan negatif.

Terkait penambahan pasien positif Covid-19 yang beberapa hari belakangan pesat, menurut Ghozali dikarenakan adanya tracing masif yang dilakukan dinkes kepada beberapa klaster besar.

"Langkah ini sengaja kami lakukan seminggu yang lalu ketika ada klaster besar yang beberapa di antaranya tinggal di Gresik. Sebut saja klaster Sampoerna, sesuai data ada 300 karyawan Sampoerna yang tersebar di seluruh Gresik," ungkapnya.

Sementara di hari yang sama, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim melakukan sidak ke Dinkes, RSUD Ibnu Sina, dan Puskesmas Alun-alun. Wabup melihat langsung gudang alat pelindung diri (APD) milik Dinkes. Ia juga meninjau pusat pengolahan data COVID-19 yang ada di ruangan Sekretaris Dinkes.

Sementara pada saat sidak di RSUD Ibnu Sina, Wabup didampingi Dirut RSUD Ibnu Sina Endang Puspitowati melihat sejumlah ruangan yang sudah siap untuk isolasi pasien COVID-19.

"Kami sudah siapkan semuanya. Pasien di ruang Gardena sudah kami pindah dan kami melengkapi dengan sarana dan prasarana sesuai protokol WHO sudah kami siapkan. APD juga cukup, namun untuk tenaga kesehatan kami masih memakai tenaga yang ada saat ini," ujar Endang. (hud/ns)     

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...