Risma Terima 3 Alat Canggih Bantuan IT Telkom Surabaya, Ada Crane untuk Makamkan Jenazah Covid-19

Risma Terima 3 Alat Canggih Bantuan IT Telkom Surabaya, Ada Crane untuk Makamkan Jenazah Covid-19 Rektor IT Telkom Surabaya Tri Arif Sarjono sedang menjelaskan dan mendemokan Crane Pemulasaran Jenazah Otomatis kepada Wali Kota Risma.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini menerima bantuan tiga alat canggih hasil karya Institut Teknologi Telkom untuk penanganan , di Halaman Balai Kota , Rabu (13/5). Ketiga alat canggih ini yakni Robot Service (Rose), bilik sterilisasi APD, dan Crane Pemulasaran Jenazah Otomatis.

Dalam kesempatan itu, Risma mengatakan, ketiga alat tersebut sangat membantu para tenaga kesehatan (nakes). Salah satunya adalah alat bilik sterilisasi APD. Menurutnya, secara teori, dokter maupun perawat tidak akan terpapar karena sudah menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

“Namun mengapa masih bisa tertular? Saya pikir saat melepasnya itu dia harus steril dahulu. Sehingga virusnya sudah mati sebelum kita melepas APD tersebut,” kata Risma.

Ia menjelaskan, nantinya alat itu akan diletakkan di RSUD dr. Sowandhie agar dapat membantu para nakes dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan penanganan . Selain itu, alat itu juga diharapkan dapat menekan angka penularan pasien terhadap para nakes.

“Ini diharapkan memperkecil pertemuan antara nakes dan pasien. Sehingga memperkecil pula nakes tertular,” ungkapnya.

Sebelumnya, wali kota perempuan pertama di Kota ini juga menyatakan sudah pernah berkoordinasi dengan jajarannya untuk membuat alat canggih yang dapat memudahkan pekerjaan medis seperti alat pengangkat jenazah otomatis.

“Mudah-mudahan alat ini bisa membantu nakes lagi. Lebih aman dan bisa membantu saudara-saudara kita. Nanti mungkin DKRTH akan memuat peti ini supaya dapat membantu percepatan,” paparnya.

Sementara itu, Rektor IT Telkom , Tri Arif Sarjono mengaku memberikan ketiga alat ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pertama alat Rose.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO