Ketua DPRD Pasuruan Apresiasi Pelibatan UMKM dalam Pengadaaan 2,5 Juta Masker

Ketua DPRD Pasuruan Apresiasi Pelibatan UMKM dalam Pengadaaan 2,5 Juta Masker Mas Dion didampingi Muslim saat meninjau para penjahit masker.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengadaan 2,5 juta masker oleh Pemkab Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Disperindag membawa berkah bagi para pelaku UMKM. Mereka dilibatkan untuk membuat alat penutup mulut hidung dan mulut itu.

Berdasarkan laporan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat hearing, pengadaan 2,5 juta masker itu dibagi untuk Dinas Koperasi dan UM sebanyak 1,5 juta, dan Disperindag 1 juta. Baik Dinkop dan UM maupun Disperindag, melibatkan UMKM untuk memproduksi masker tersebut.

Pelibatan UMKM untuk pengadaan masker ini diapresiasi oleh Ketua H. M. Sudiono Fauzan. Namun, mewanti-wanti agar rekanan yang menggarap masker itu tidak dimonopoli perusahaan besar.

"Tidak boleh dimonopoli rekanan atau pihak ketiga perusahaan besar. Apalagi dari luar wilayah Kabupaten Pasuruan," kata Sudiono Fauzan.

Dion, sapaan akrab Ketua DPRD, menjelaskan tujuan digandengnya UMKM dalam pengadaan masker ini untuk memberi lapangan pekerjaan. Sebab sejak pandemi Covid-19, penghasilan para pelaku UMKM menurun drastis.

Adapun salah satu UMKM yang digandeng adalah Muslem Property yang sebelumnya merupakan perusahaan percetakan sablon. Muslim, selaku direktur Muslem Property mengaku merasakan sendiri, bahwa sejak diterapkannya social distancing dan physical distancing, ia harus meliburkan karyawan.

"Secara otomatis kalau mereka libur, penghasilan untuk menafkahi keluarga mereka tersendat," terang ia saat ditemui di kantornya, Bangil Plaza, Pasuruan, Rabu (29/4).

Muslim sendiri mengaku mendapatkan jatah pengadaaan 150 ribu masker. Sedangkan sisanya dibagi ke sejumlah UMKM se-Kabupaten Pasuruan. (afa/dur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO