Rabu, 30 September 2020 03:23

Wagub Emil: Metode Online dan Offline Learning Jadi Alternatif PBJJ Selama Libur Sekolah

Senin, 16 Maret 2020 23:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Wagub Emil: Metode Online dan Offline Learning Jadi Alternatif PBJJ Selama Libur Sekolah
Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak didampingi Kadispendik Prov Jatim Wahid Wahyudi berdialog bersama pada acara kunjungan ke sekolah Al Hikmah Ketintang, Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menyampaikan, penerapan online dan offline learning menjadi alternatif pola belajar jarak jauh (PBJJ) yang sangat efektif menyusul diliburkannya sekolah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

"Jawa Timur ini cakupannya luas, dan kondisi masing-masing sekolah berbeda. Ada yang koneksi internetnya bagus dan ada yang tidak. Sehingga metode PBJJ baik online maupun offline bisa menjadi alternatif," terang Emil sapaan akrab Wagub Jatim saat meninjau penerapan online learning SMA Al-Hikmah, Jl. Kebonsari, Surabaya, Senin (16/3).

Emil menegaskan, meski para siswa tidak ke sekolah, namun proses belajar mengajar tetap terus berjalan dengan model PBJJ. Dengan demikian, para siswa akan tetap bisa dipantau progres belajarnya dalam setiap harinya.

Ia mencontohkan, SMA Al-Hikmah telah memiliki aplikasi yang bisa memfasilitasi online learning. Di mana, setiap siswa yang sudah login bisa diketahui keaktifannya baik dalam mengerjakan tugas ataupun saat interaktif.

"Lewat aplikasi yang diterapkan Al-Hikmah akan bisa diketahui aktivitas yang dilakukan para peserta didik di rumah sesuai ia login. Misal, sesuai login dia langsung aktif atau justru santai-santai semua akan bisa terlihat," urai wagub yang pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini.

Emil menambahkan, bagi para peserta didik yang susah mencari akses internet, maka pola online learning tidak akan dipaksakan. Hal itu untuk menghindari peserta didik mencari wifi gratis sehingga akan berada di kerumunan orang.

"Kita tidak akan memaksakan online learning ketika para peserta didik ini susah mencari internet. Karena kita tidak ingin justru mereka akan keluar rumah dan bertemu banyak orang hanya untuk mencari wifi gratis," tandasnya.

Untuk pola offline sendiri, lanjut Emil, yaitu dengan menerapkan tugas-tugas ataupun materi apa saja yang harus dikerjakan oleh peserta didik selama di rumah. Dan waktu pengerjaannya tidak selama 2 minggu, namun akan dicek secara periodik oleh guru mereka.

"Ini sebenarnya salah satu cara kita untuk mendidik kedisiplinan para peserta didik," imbuhnya.

Menurut Emil, momen ini merupakan saat yang bagus untuk mendidik anak-anak menuju independen learner. Di mana, secara bertahap anak-anak bisa belajar di kelas, bisa belajar saat tidak di kelas, serta bisa belajar sendiri tanpa bimbingan. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...