Dugaan Tanda Tangan Fiktif Dukungan Bapaslon Independen, KPU Jember akan Verifikasi Faktual

Dugaan Tanda Tangan Fiktif Dukungan Bapaslon Independen, KPU Jember akan Verifikasi Faktual

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menyikapi laporan kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri SOLID, terkait adanya dugaan tanda tangan dukungan kepada calon bupati jalur independen yang dipalsukan, KPU Jember langsung memberikan klarifikasinya, Senin (16/3/2020) sore.

Menurut Ketua KPU Jember Ahmad Syai'in, proses tahapan verifikasi data faktual baru akan dilakukan mulai 27 Maret 2020 hingga 15 April 2020 mendatang. Dalam tahapan tersebut, KPU nantinya akan berkoordinasi dengan PPS di lapangan.

"Untuk proses pemasukan berkas awal, kita hanya bersifat menerima. Saya pun menerimanya, tanpa harus mengetahui bagaimana caranya mendapatkan (form dukungan bertanda tangan) tersebut," kata Syai'in di hadapan unsur Pimpinan DPRD Jember.

Untuk itu, dalam tahapan verifikasi faktual nanti, pihaknya akan melakukan pengecekan, termasuk bagaimana si bakal calon mendapatkan tanda tangan dukungan tersebut.

"Bahkan nanti kami akan dibantu PPS dengan mendatangi langsung untuk melakukan verifikasi. Bukan sampel, tapi langsung sensus di lapangan," tegasnya.

Verifikasi data faktual itu, akan dilakukan satu per satu. "Sehingga jika terbukti fiktif tidak mendukung, maka akan kami coret. Karena verifikasinya satu per satu sesuai nama dan alamat yang mendukung," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, kelompok masyarakat yang menamakan dirinya Solidaritas Insan Demokrasi (SOLID) Jember menggeruduk DPRD Jember menuntut tindakan tegas para wakil rakyat, Senin (16/3/2020). Mereka menduga, ada tanda tangan dukungan terhadap bakal calon bupati Independen yang fiktif. (ata/yud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO