Rabu, 08 April 2020 02:51

Hasil Survei Pilbup Pacitan Versi Tuji Riset: Gagarin dan Indrata Bersaing Ketat

Senin, 17 Februari 2020 17:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Hasil Survei Pilbup Pacitan Versi Tuji Riset: Gagarin dan Indrata Bersaing Ketat
Hendri Mujianto, Direktur Pacitan Tuji Riset.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Partai Demokrat rupanya masih memiliki magnet elektroral paling tinggi dalam Pilbup serentak 2020 di Kabupaten Pacitan. Hal ini dikatakan Direktur Pacitan Tuji Riset, Hendri Mujianto, saat menyampaikan hasil survei Pra Pilbup Pacitan 2020.

Ia memaparkan, sebanyak 46 persen pemilih di Pacitan masih loyal dengan pasangan calon yang diusung Partai Demokrat. Kemudian sebanyak 52 persen pemilih belum menentukan pilihan, dan 2 persen tidak memilih.

"Survei ini kita lakukan dengan metode stratified multistage random sampling pada tanggal 12-26 Desember 2019 lalu di 12 kecamatan dan 120 desa, kelurahan. melibatkan 600 responden, dan tingkat margin error sebesar 3 persen, serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen," tuturnya, Senin (17/2).

Selain elektabilitas partai politik pengusung pasangan calon, dalam lingkaran survei tersebut juga disampaikan hasil survei elektabilitas sejumlah bakal calon. Gagarin memperoleh tingkat keterpilihan paling tinggi, yakni 22,50 persen, mengungguli bakal calon Indrata Nur Bayu Aji, dengan angka 19,50 persen.

Disusul kemudian, Yudi Sumbogo dengan tingkat keterpilihan sebesar 4,50 persen, Ronny Wahyono sebesar 3,33 persen, Sudijono Sastroatmodjo sebesar 1,50 persen, Afghani Wardana 1,15 persen, Winarni 0,33 persen, Sudjatno 0,17 persen, dan Subroto 0.17 persen. "Belum tentukan pilihan atau swing voter sebesar 46,83 persen," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hendri mengungkapkan, meski menduduki peringkat kedua, namun dari sisi sebaran pemilih, Indrata Nur Bayu Aji, berada di rating teratas.

Keponakan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dominan di delapan kecamatan. Meliputi Donorojo, Pringkuku, Pacitan, Arjosari, Nawangan, bandar, Tegalombo dan Kebonagung. Sedangkan Gagarin menang mutlak di dua kecamatan, yakni Sudimoro dan Ngadirojo. "Selain itu ia juga dominan di Kecamatan Tulakan serta Punung," imbuhnya.

Keunggulan Gagarin dalam pusaran survei tersebut, menurut Hendri, lantaran ia dinilai sebagai pemimpin yang peduli dan merakyat. "Karakteristik yang disukai masyarakat Pacitan, pemimpin yang peduli dan merakyat. Dan Gagarin diasumsikan pemilih peduli dan merakyat seperti harapan masyarakat," terang dia.

Pada kesempatan yang sama, Hendri juga mengungkapkan hasil survei bakal calon wakil bupati di urutan tiga besar. Satu di antaranya, Moh Nurul Huda, dengan tingkat keterpilihan sebesar 9,83 persen. Kemudian M. Toha Sudjak 5,83 persen, dan Luki Tri Baskorowati 4,00 persen. "Swing voter, masih dominan di angka 72,67 persen," pungkasnya. (yun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...