Kamis, 04 Juni 2020 12:32

Kejari Gresik Apresiasi Putusan Hakim Tak Kabulkan Praperadilan Genpatra

Senin, 17 Februari 2020 14:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kejari Gresik Apresiasi Putusan Hakim Tak Kabulkan Praperadilan Genpatra
Kasi Intel R Bayu Probo Sutopo (kanan) bersama Kasi Pidsus Dymas Adji Wibowo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri Gresik angkat bicara pasca ditolaknya praperadilan yang diajukan LSM Gerakan Pemuda Nusantara (Genpatra) Senin (17/2).

Kasi Intel Kejari Gresik, R. Bayu Probo S, S.H mewakili Kajari Gresik menyatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi putusan praperadilan oleh PN Gresik, sebagai bentuk koreksi atas kinerja tim penyidik.

Atas fakta putusan tersebut, Bayu menjelaskan sejumlah hal yang perlu dipahami masyarakat. Di antaranya, secara legal standing, pemohon gugatan Genpatra merupakan pihak yang memiliki kepentingan langsung terhadap pokok perkara, namun materi mengenai surat perintah penghentian penydikan (SP3) perkara tidak pernah dilakukan Kejari Gresik.

"Sehingga, sudahlah benar ketika hakim menolak gugatan praperadilan teman-teman Genpatra karena terlalu premature. Praperadilan adalah jalan untuk menguji profesionalisme penyidik dalam penanganan perkara, apakah secara formil ada kinerja penyidik yang bekerja di luar ketentuan hukum beracara," jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam persidangan praperadilan, tim Kuasa Penyidik telah menjelaskan secara terperinci tahap demi tahap proses penyidikan sampai perkara pokok dilimpahkan ke penuntutan.

Bayu juga mengomentari pengembangan perkara seperti yang diminta oleh Genpatra. Menurutnya, untuk mengembangkan sebuah kasus harus diselesaikan terlebih dahulu perkara pokoknya. "Kami meyakini penyidik tidak akan gegabah untuk mengambil langkah-langkah proses hukum tanpa menguji fakta-fakta yang terungkap di persidangan. Fakta hukum dalam persidangan tentunya masih diuji oleh Majelis Hakim," jelasnya.

Bayu menyatakan, selama ini penyidik maupun Penuntut Umum masih mencari dan terus menggali mengenai intelektual dader (otak pelaku perbuatan pidana). "Dalam tipikor, otak jahat (mensrea) melakukan korupsi itu siapa. Itulah yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," katanya.

Meski demikian, ia mengapresiasi langkah Genpatra yang telah menggugat Kejari. "Kami apresiasi atas kinerja teman-teman sebagai wujud kontrol sosial untuk kami. Kami berupaya untuk selalu menjaga amanah dalam bekerja, profesional, dalam berkinerja. Ada koridor-koridor etika hukum yang harus kita hormati bersama dalam rangka menegakkan hukum, khususnya di Kabupaten Gresik. Adil untuk masyarakat juga adil untuk tersangka/terdakwa. Hukuman apa yang adil, nantinya kami serahkan sepenuhnya kepada Majelis Hakim yang memimpin," tukasnya.

"Kami minta doa dan dukungan masyarakat Gresik, semoga atas kinerja yang kami laksanakan tidak mengecewakan hati masyarakat, karena menegakkan keadilan tidaklah mudah dan kami akan pertanggungjawabkan kepada Tuhan YME," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...