Rabu, 08 April 2020 02:18

​HG Soedibyo: Demokrat akan Dapat Banyak Perlawanan di Pilbup Pacitan 2020

Minggu, 16 Februari 2020 16:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
​HG Soedibyo: Demokrat akan Dapat Banyak Perlawanan di Pilbup Pacitan 2020
Mantan Bupati Pacitan, HG Soedibyo.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Mantan Bupati Pacitan HG Soedibyo ikut urun rembuk terkait dinamika politik jelang Pilbup Pacitan 2020. Menurut eks politikus Partai Golkar ini, Partai Demokrat saat ini tengah dirundung dilema. 

Hal tersebut dikarenakan banyaknya kader-kader terbaik dari partai berlambang mercy itu, yang ikut ambil bagian sebagai calon bupati.

Di sisi lain, juga banyak tokoh-tokoh berpengaruh di luar kader, yang sama-sama ikut mendaftar di Partai Demokrat. 

"Ini situasi sangat dilematis bagi Demokrat. Di satu sisi, ia lebih mengutamakan kader yang akan diutus menjadi calon bupati nantinya. Akan tetapi, pendaftar lain yang tidak mendapatkan rekomendasi juga akan menjadi lawan jago dari Demokrat pada akhirnya nanti," kata HG Soedibyo, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (16/2).

Menurut Soedibyo, dari 14 pendaftar calon bupati di Partai Demokrat, tiga bakal calon di antaranya, merupakan kader internal. Mereka yakni, Indrata Nur Bayu Aji, Ronny Wahyono, dan Yudi Sumbogo. Di mana ketiganya punya jabatan strategis, baik di legislatif ataupun di eksekutif. 

Indrata merupakan Ketua DPRD Pacitan dan juga keponakan dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sedangkan Ronny Wahyono, saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pacitan, dan Yudi Sumbogo, menjabat sebagai Wakil Bupati Pacitan. 

"Besar kemungkinan tiga nama itulah, salah satu di antaranya yang akan mendapatkan rekomendasi pencalonan. Kalau rekomendasi jatuh ke yang lain, dikhawatirkan akan menjadi potensi konflik internal dan bisa memengaruhi eksistensi Partai Demokrat ke depannya," tutur Soedibyo.

Namun, Soedibyo juga mengingatkan bahwa bakal calon yang lain tak bisa dipandang remeh. Apalagi, beberapa dari mereka juga pentolan partai politik, yang tentunya punya potensi ceruk suara yang bisa diandalkan. 

"Memang tugas sangat berat bagi Demokrat, kalau nantinya akan merekomendasikan satu di antara tiga kader terbaiknya yang telah mendaftar sebagai calon bupati. Artinya, potensi kemenangan memang ada," urainya.

"Kepengurusan di provinsi atau pusat harus benar-benar all out membantu perjuangan mereka. Kalau tidak, potensi kekalahan juga masih terbuka. Sebab akan ada perlawanan sengit dari calon yang diusung partai atau gabungan partai yang lain," sambungnya.

Soedibyo tak menampik, kekuatan politik Demokrat di Pacitan saat ini masih cukup tinggi. Namun, hal itu bukan berarti Demokrat bisa santai-santai.

"Sebab sekarang ini, rezim kekuasaan sudah berganti. Kalau ada arus besar dari atas yang turun ke bawah, ini juga tantangan yang tidak bisa dipandang remeh," pungkasnya. (yun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...