Rabu, 01 April 2020 01:46

Tekan Laka Pelajar, Pemkot Batu Siap Fasilitasi Siswa SMP Angkutan Sekolah

Rabu, 12 Februari 2020 21:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
Tekan Laka Pelajar, Pemkot Batu Siap Fasilitasi Siswa SMP Angkutan Sekolah
Wali Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko memberikan keterangan pers, Rabu (12/2).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kabar gembira bagi pelajar SMP di Kota Batu. Tahun ini, Pemkot Batu siap menyediakan sarana transportasi angkutan sekolah khusus pelajar SMP. 

Hal itu ditegaskan Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko di sela acara Muscab dan Pelantikan Pengurus DPC Organda Kota Batu periode 2020-2025 di Pondok Jatim Park 1, Rabu (12/2) sore.

"Insya Allah mulai tahun ini kami berikan fasilitas angkutan gratis pulang pergi bagi siswa SMP di Kota Batu. Biar Dishub yang ngatur. Yang jelas saat ini masih dikaji teknisnya seperti apa," ujar Dewanti disambut tepuk tangan peserta Muscab Organda.

Untuk saat ini Pemkot Batu masih memprioritaskan siswa SMP, karena kewenangan pengelolaan pendidikan mulai TK-SMP masih di bawah Pemkot Batu. Sedangkan siswa SMA kewenangannya sudah di tingkat Provinsi Jatim.

"Untuk sementara kami uji coba di tingkat SMP dulu. Jika nanti berjalan lancar, tidak menutup kemungkinan nanti akan kami berlakukan juga untuk anak SMA di Kota Batu," jelasnya.

Dewanti mengungkapkan alasan utama pemberian fasilitas angkutan gratis bagi siswa SMP, salah satunya untuk mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar, khususnya siswa SMP. Apalagi pada masa itu mereka belum memiliki SIM. Namun demikian, masih ada saja yang menggunakan sepeda motor ke sekolahnya. Selain itu untuk mengatasi kemacetan lalu lintas pada pagi hari.

Ditanya mengapa tidak diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar, Dewanti mengatakan bahwa rata-rata orang tua belum pasrah jika anaknya naik angkot. Kecuali yang sudah kelas 4 hingga kelas 6 SD. Karena itu, untuk tahun ini masih akan diuji cobakan untuk siswa SMP.

Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama menyambut baik rencana Pemkot Batu memberikan fasilitas angkutan umum bagi siswa SMP tersebut. Menurutnya, fasilitas tersebut bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di saat pagi hari karena sudah tidak diantar oleh orangtua. Selain itu, upaya Pemkot Batu tersebut bisa mengantisipasi adanya pelajar SMP yang belum memiliki SIM membawa kendaraan sepeda motor ke sekolah.

"Saya menyambut baik rencana Bu Wali Kota menyediakan fasilitas angkutan pelajar. Kami sangat mendukung. Paling tidak dengan adanya fasilitas ini bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas di saat jam-jam sekolah, termasuk mengantisipasi adanya pelajar SMP yang menggunakan sepeda motor. Sebab mereka belum memiliki SIM," ujarnya.

Sementara itu, M. Zainul Huda, Wakil Ketua DPC Organda Kota Batu mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti fasilitas angkutan siswa ini akan menggunakan angkutan kota yang sudah ada. 

Untuk siswa yang bersekolah di SMP Negeri 4 bisa menggunakan angkutan Batu-Sumberbrantas, siswa SMP Negeri 6, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 2 menggunakan jalur angkutan Batu-Karangploso. Sedangkan yang ke SMP Negeri 3 Batu menggunakan angkutan Batu-Landungsari Malang.

"Secara teknis, untuk siapa-siapa saja yang akan naik angkutan umum, nanti DPC Organda akan memberikan kupon kepada siswa melalui pihak sekolah," ujar Zainul Huda. (asa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...