Cegah Konten Negatif dan Tawuran, Pemkot Surabaya Sweeping HP Pelajar

Cegah Konten Negatif dan Tawuran, Pemkot Surabaya Sweeping HP Pelajar Petugas OPD gabungan Kota Surabaya saat memeriksa HP milik para siswa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pemeriksaan handphone (HP) atau gawai milik pelajar SMP di Surabaya. Operasi yang dimulai sejak Kamis (6/2) lalu ini bertujuan untuk mencegah adanya konten-konten negatif ataupun indikasi adanya tawuran antar pelajar sekolah.

Kepala Seksi Peserta Didik Sekolah Menengah Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Heri Setiawan mengatakan, kegiatan pemeriksaan HP ini melibatkan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot Surabaya. Mulai Dispendik, Satpol PP, Dinas Pengendalian Pendudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya.

“Target dari pemeriksaan HP ini untuk mencegah konten-konten negatif seperti pornografi, foto-foto kekerasan, dan indikasi adanya tawuran,” kata Heri, Selasa (11/2).

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan di beberapa sekolah, ditemukan konten-konten negatif di gawai milik para pelajar. Sedangkan untuk indikasi yang mengarah ke tawuran, tidak ada.

“Ketika ditemukan adanya konten negatif, maka pelajar itu akan mendapat sanksi berupa pembinaan khusus dan panggilan orang tua,” katanya.

Heri menjelaskan, kegiatan pemeriksaan gawai milik pelajar ini akan dilakukan secara bertahap di beberapa sekolah SMP Surabaya. Baik itu negeri maupun swasta. Setidaknya, masing-masing OPD menerjunkan dua orang personel dalam setiap kegiatan operasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO