Jelang Pilbup Pacitan 2020, Belum Ada Parpol yang Pastikan Paslon untuk Diusung

Jelang Pilbup Pacitan 2020, Belum Ada Parpol yang Pastikan Paslon untuk Diusung Eko Setyo Ranu, Ketua DPC PDIP Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Peta politik jelang Pilbup Pacitan 2020 masih samar-samar. Para partai politik di Pacitan hingga kini belum ada yang memastikan bakal calon yang diusung, bahkan sekadar memastikan koalisi pun belum.

Sebagaimana diketahui, syarat ambang batas minimal bagi partai politik yang bisa mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni 20 persen kursi parlemen/DPRD. Merujuk hasil Pileg 2019 lalu, di Kabupaten Pacitan hanya Partai Demokrat dan Partai Golkar yang secara aturan bisa memberangkatkan pasangan calon tanpa harus melakukan koalisi. Untuk Demokrat meraih 14 kursi dan Partai Golkar sebanyak 9 kursi.

Partai Demokrat telah membuka tahapan panjaringan bakal calon bupati (bacabup) untuk Pilbup Pacitan 2020. 

Sementara partai lainnya, Gerindra misalnya, baru menyatakan hendak melakukan koalisi bersama PKS, PPP, dan Hanura untuk menentukan pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilbup 2020.

Begitu juga PDIP, hingga kini juga belum jelas arah politiknya. Ketua DPC PDIP Pacitan, Eko Setyo Ranu mengungkapkan pihaknya masih menunggu instruksi dari DPP terkait langkah di Pilbup 2020 nanti.

"Kita masih menunggu instruksi dari DPP PDIP. Sehingga saat ini belum bisa menentukan sikap apapun," ujarnya saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (7/2).

Eko menegaskan, selama ini pihaknya sudah melakukan penjajakan koalisi. Baik dengan Partai Golkar, PKB, dan beberapa parpol pemilik kursi parlemen lainnya. "Namun sekali lagi, kita belum bisa mengambil sikap atau keputusan sebelum ada instruksi dari pusat," tegasnya.

Eko yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Pacitan tersebut mengatakan, bahwa PDIP tetap akan ambil bagian di Pilbup 2020. Bahkan ia optimis akan memenangi gelanggang pilkada nantinya. "Pusat akan turun demi kemenangan pasangan calon yang akan diusung PDIP dan mitra koalisi nantinya," beber dia.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Pacitan, Fibi Iriawan belum bisa dikonfirmasi terkait sikap politiknya di Pilbup Pacitan 2020. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO