Rabu, 08 April 2020 01:40

Gara-gara Ada Kabar WNA Tiongkok Tersuspect Virus Corona Masuk Jember, Warga Jember Panik

Selasa, 28 Januari 2020 12:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Gara-gara Ada Kabar WNA Tiongkok Tersuspect Virus Corona Masuk Jember, Warga Jember Panik
SIAGA CORONA: Rumah Sakit di Jember sudah saling koordinasi dengan Dinkes.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Warga Jember panik setelah ada informasi WNA Tiongkok suspect corona dirawat di RS Siloam Jember, Jawa Timur. Diketahui informasi tersebut semakin membuat panik, setelah disusul adanya informasi tambahan jika pasien yang ter-suspect corona dirujuk ke rumah sakit dr. Soetomo Surabaya.

Kabar ini tersebar melalui melalui media sosial WhatsApp berupa screenshot percakapan.

Saat media meminta konfirmasi langsung kepada pihak RS Siloam Jember, Business Development Head Division dr. I. Bayu Angga D menegaskan, jika informasi yang tersebar di WhatsApp tersebut hoax.

"Tidak benar jika ada WNA yang ter-suspect penyakit corona dan dirawat di RS Siloam Jember. Yang benar adalah pasien lokal (warga Jember) yang mengalami penyakit sesak napas," kata dr. Bayu saat dikonfirmasi di tempat kerjanya, Selasa (28/1/2020).

Namun Bayu enggan mengungkapkan nama pasien dan identitasnya, karena terkait rahasia pasien. Ia hanya memastikan pasien tersebut bukan suspect virus Corona seperti yang dikabarkan selama ini.

"Dipastikan bukan, jadi informasi yang tersebar itu hoax. Karena dari penanganan pemeriksaan pasien sudah sesuai SOP. Entah siapa yang menyebarkan informasi tidak benar itu," tegasnya.

Terkait kondisi pasien yang mengalami sesak napas itu, kini sudah pulang, namun diberikan edukasi untuk penanganan jika mengalami sesak napas lagi. "Karena yang dialami sesak napas biasa, kita persilakan pulang. Namun jika sakitnya berat, bisa dirawat kembali ke rumah sakit. Tapi bukan karena corona," sambungnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, salah seorang warga Ozy Wirawan mengaku mendapat screenshot percakapan WhatsApp dari temannya. "Tapi awalnya dari mana saya tidak tahu. Karena takut hoax tidak saya sebarkan. Hanya saya jadikan konsumsi pribadi," katanya.

Ozy pun mengaku panik saat pertama kali mendapat informasi tersebut. "Sempat khawatir dan takut, kok cepat sampai di Jember penyebaran virus itu. Tapi kalau kemudian hoax ya Alhamdulillah, semoga Jember masih aman. Yang terkena musibah turut prihatin, dan semoga segera diberi kesembuhan," tuturnya. (ata/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...