Jumat, 05 Juni 2020 16:47

Ketua KPK Nyanyi-Nyanyi dan Masak Nasi Goreng, BW Sindir Konyol dan Kalah dengan Satpam

Selasa, 21 Januari 2020 22:08 WIB
Editor: Tim
Ketua KPK Nyanyi-Nyanyi dan Masak Nasi Goreng, BW Sindir Konyol dan Kalah dengan Satpam
Ketua KPK Firli Bahuri saat mendemonstrasikan keahliannya sebagai chef memasak nasi goreng. Foto: Tempo

JAKARTA, BANGSAONLINE.comDi tengah keprihatinan rakyat tentang kegagalan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyegelan salah satu ruang kantor DPP PDIP, ternyata pimpinan KPK Firli Bahuri justru tampil menyanyi-nyanyi dan demo masak nasi goreng. Karuan saja kritik bermunculan. Tapi Firli mengaku masak nasi goreng bagian dari bangun komunikasi. Kurang sensitif terhadap kegalauan publik?

Seperti dilansir Tempo, Ketua KPK Firli Bahuri tampil beda pada Senin malam, 20 Januari 2020. Firli yang biasanya mengenakan jas dan kemeja, kali ini mengenakan celemek dan topi koki berwarna putih. "Malam hari ini, kita menikmati nasi goreng by Chef Firli. Saya akan masak," ujar Firli dalam sambutannya. Ia lalu bergegas menuju ke stand dapur dan mulai memasak.

Firli memulai masak telur mata sapi. Sesekali ia tersenyum kepada jurnalis foto yang mengabdikan momen memasaknya. "Digoreng, bersama bawang, dan yang lainnya," kata Firli sembari memasak. Terlihat sebuah neon box bergambar wajah Firli dengan tulisan 'Nasi Goreng by Chef Firli'.

Sebelumnya Firli mengatakan akan menggunakan pendekatan santai kepada para jurnalis setelah dilantik sebagai pimpinan KPK pada Desember 2019.

"Saya banyak cara untuk membangun komunikasi tersebut. Tidak hanya sekadar konferensi pers dan selesai. Tidak. Kita bisa bangun di setiap lini: nongkrong minum kopi, saya masakin nasgor, dan kawan-kawan yang bernyanyi," kata Firli pada 27 Desember 2019.

Tak hanya memasak nasi goreng, Firli juga tampil bernyanyi. Ia mengajak Wakil Ketua KPK Nawawi Pangolango menyanyi bersama membawakan salah satu single dari band legendaris Koes Ploes dengan judul 'Andai Kau Datang'.

Usai bernyanyi bersama, Nawawi Pangolango sempat menyinggung keberadaan Caleg PDI Perjuangan Harun Masuki yang kini menyandang status buron dari kasus dugaan suap eks komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Diketahui, usai Wahyu Setiawan diciduk dalam OTT KPK, keberadaan Harun Masiku belum juga ditangkap. "Tadi ketika pak Firli masak dan selanjutnya nyanyi-nyanyi, pikiran saya lagi melantur. Pikiran itu lagi berpikir, ke mana Harun Masiku," ucap Nawawi.

Nawawi menyebut diajak bernyanyi oleh Firli membuat suasana hatinya sejenak bisa melupakan keberadaan Harun Masiku. "Disuruh nyanyi oleh pak Firli, terlupakan sejenak Harun," kata Nawawi.

Namun apa yang dilakukan Firli dan Nawawi justrru mendapat kritik keras dari mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW). "Ketua KPK seharusnya 'mengolah' dan 'memasak' ramuan antikorupsi yang ditunjukkan melalui, apa program strategis KPK dan ketegasan KPK menghadapi 'brandalisme' koruptor and their gangs untuk hadapi masifitas korupsi di era reformasi yang kian nyata dan tak terbantahkan," kata pria yang akrab disapa BW itu, Selasa (21/1/2020).

BW – seperti dikutip detik.com - mengatakan para penyelidik dan penyidik KPK seharusnya dibekali keberanian dan ketegasan saat menjalankan tugas pemberantasan korupsi. Selain itu, BW menilai, sebagai pimpinan KPK, Firli Cs harus melindungi penyelidik dan penyidik KPK dari segala tuduhan pihak-pihak luar.

"Yang diperlukan para penyelidik dan penyidik KPK, jangan sampai lagi dibuat tak berdaya dipecundangi satpam dan diobrak-abrik kehormatannya dengan berbagai tuduhan oleh para 'sahabat' dan pihak yang diduga 'master mind' korupsi," kata BW.

"Para penyelidik dan penyidik itu yang harus dibela, bukan disuguhi perilaku selebrasi naif yang tak penting sama sekali," lanjutnya.

"Ketua KPK diduga tengah menyulut kepongahan. Selamat datang kekonyolan, percayalah korupsi tak kan bisa kau habisi dengan ribuan piring dari nasi gorenganmu. Karena yang perlu kau 'goreng' hingga gosong, hangus, dan kering kerontang adalah para koruptor, bukan nasi," tuturnya.

BW tidak menyebut sama sekali kritiknya itu berkaitan dengan persoalan apa. Namun, bila ditilik momentum akhir-akhir ini terkait dengan gagalnya pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang merembet ke PDIP. Saat itu tersiar kabar tim KPK 'dihalangi' saat melakukan penyegelan di kantor DPP PDIP, yang kemudian diklarifikasi KPK sebagai kesalahpahaman.

Saat Firli menyanyi dan masak nasi goreng itu, para pimpinan KPK, Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar, serta lima anggota Dewas KPK, Tumpak Panggabean, Syamsuddin Haris, Harjono, Albertina Ho, dan Artidjo Alkostar, tampak hadir. Pimpinan dan Dewas KPK pun sempat mencicipi nasi goreng buatan Firli. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...