Jelang Imlek, Polisi Bantu Warga Tionghoa Bersihkan Klenteng Poo An Kiong di Kota Blitar

Jelang Imlek, Polisi Bantu Warga Tionghoa Bersihkan Klenteng Poo An Kiong di Kota Blitar Bersih-bersih jelang Hari Raya Imlek ini dibantu sejumlah anggota Polres Blitar Kota.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan Hari Raya Imlek ke 2571, warga keturunan Tionghoa di Kota Blitar menggelar ritual bersih-bersih kimsin atau patung dewa dan Klenteng Poo An Kiong, Senin (20/1/2020).

Bersih-bersih jelang Hari Raya Imlek ini tidak dilakukan sendiri, namun mereka dibantu sejumlah anggota . Mereka membersihkan altar dan ruangan sembahyang di klenteng. Mereka juga membersihkan lantai ruang sembahyang di klenteng.

"Kami membantu membersihkan klenteng sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga Tionghoa yang akan merayakan Imlek," ungkap Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela.

Selain membantu pembersihan klenteng, pihaknya menjamin keamanan warga Tionghoa selama menjalankan ibadah dan merayakan Imlek. Polisi akan melakukan pengamanan selama kegiatan Hari Raya Imlek di Klenteng Poo An Kiong.

"Kami berharap perayaan Imlek di Kota Blitar berjalan lancar, aman, dan nyaman. Kami mengucapkan selamat Hari Raya Imlek kepada umat Konghucu di Blitar Raya," imbuhnya.

Sementara salah satu pengurus Klenteng Poo An Kiong mengatakan, hari ini pembersihan altar dan ruang sembahyang. Sementara besok akan dilakukan bersih-bersih patung dewa. Kemudian, pada Jumat (24/1/2020) malam, akan dilaksanakan sembahyang menyambut Hari Raya Imlek. Setelah sembahyang, juga akan digelar pertunjukan barongsai di klenteng. Tepat hari Imlek-nya pada Sabtu (25/1/2020) akan ada sembahyangan.

"Untuk bersih-bersih altar dan ruang sembahyang di klenteng kami dibantu petugas kepolisian Polres Blitar. Sementara untuk bersih-bersih patung dewa akan dilakukan pengurus sendiri," katanya. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO