LSM Genpatra dan Forkot Demo PN Tipikor Kawal Sidang Sekda Gresik

LSM Genpatra dan Forkot Demo PN Tipikor Kawal Sidang Sekda Gresik Massa LSM Genpatra dan Forkot saat menggelar demo mengawal sidang Sekda Gresik di Pengadilan Tipikor, Surabaya. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa LSM Genpatra (Gerakan Pemuda Nusantara) dan Forum Kota (Forkot) menggelar demo di depan Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Jumat (3/1).

Mereka mengawal sidang Andhy Hendro Wijaya dalam kasus dugaan korupsi pemotongan dana insentif pajak di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Dalam aksinya, mereka juga mengusung sejumlah poster dan spanduk, serta berorasi menyuarakan ketegasan dalam penegakan hukum.

Massa mendesak Majelis Hakim Pengadilan Tipikor yang menyidangkan perkara Sekda Gresik agar mengusut tuntas aliran dana korupsi ke sejumlah pejabat. Diketahui, kasus ini juga telah menjerat M. Muktar (Mantan Plt. Kepala BPPKAD).

"Kami mendesak agar hakim membongkar korupsi di BPPKAD. Tidak hanya Sekda dan Mantan Plt Kepala BPPKAD M. Muktar, tapi juga semua yang terlibat," teriak Ali Candi, salah satu anggota LSM Genpatra dalam orasinya.

Hal senada disuarakan Jon Oi, anggota Genpatra lainnya. Ia mendesak Hakim Tipikor mengusut tuntas bancakan uang haram tersebut.

"Dulu saat Hakim memvonis Muktar 4 tahun penjara, meminta kasusnya dikembangkan, sehingga muncul tersangka Sekda. Kami juga meminta agar setelah Sekda divonis, kasusnya tak berhenti. Harus dikembangkan. Siapa pun yang terlibat harus diadili," kata Jon Oi kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (3/1).

Ditambahkan Jon Oi, kasus korupsi di BPPKAD ini tak hanya berhenti di Kejari Gresik. Namun, pihaknya juga akan membawanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung (Kejagung). "Kami kawal terus sampai tuntas," pungkasnya.

Agenda Pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (3/1) hari ini, adalah menggelar sidang dengan perkara korupsi pemotongan jasa insentif pegawai BPPKAD Kabupaten Gresik, dengan terdakwa Mantan Kepala BPPKAD Andhy Hendro Wijaya, dengan Majelis Hakim diketuai I Wayan Sosiawan. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO