Senin, 30 Maret 2020 19:55

Pesan KH Fuad Dimyati: Pemimpin Harus Gupuh Lan Aruh

Jumat, 27 Desember 2019 11:25 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Pesan KH Fuad Dimyati: Pemimpin Harus Gupuh Lan Aruh
Pengasuh Ponpes Tremas, KH Fuad Dimyati saat menerima kedatangan Gagarin. foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bakal calon Bupati Pacitan, Gagarin mendapat wejangan dari Pengasuh Pondok Pesantren Tremas KH Fuad Dimyati, saat bersilaturahim ke kediamannya, Kamis (26/12) malam kemarin.

Kiai muda kharismatik itu mengatakan bahwa pemimpin harus memiliki sifat dan karakter gupuh lan aruh dengan siapa pun tanpa melihat dan membedakan strata sosial masing-masing.

"Gupuh aruh itu sama halnya dengan merakyat. Jadi pemimpin harus dekat dengan masyarakat," kata Gus Fuad, begitu ia akrab disapa.

Gus Fuad juga berpesan agar seorang pemimpin tanggap dan respons terhadap situasi yang dialami masyarakat. Baik dalam suka ataupun duka.

"Kalau ada kesripahan (orang meninggal dunia) di mana pun itu, cobalah berhenti dan sampaikan rasa bela sungkawa. Masyarakat pasti akan sangat suka, mereka merasa diorangkan oleh pemimpinnya. Apalagi dalam situasi duka cita," tutur Gus Fuad kepada Gagarin.

Lebih lanjut, kiai yang dikenal dekat dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berharap, agar Pilbup Pacitan ke depan tidak diwarnai kampanye hitam dari masyarakat ataupun kontestan pemilu.

"Ciptakan kedamaian dengan saling mengasihi dan saling mencintai. Selain itu, semoga bagi parpol yang hendak mengusung pasangan calon, jangan sampai salah pilih. Agar tercipta pemimpin yang disuka masyarakat demi kemajuan daerah," tukas KH Fuad.

"Berjuang suatu keharusan. Jangan hanya hari ini, tapi selanjutnya juga harus berjuang," tambah dia.

Gagarin mengamini wejangan Gus Fuad. Ia menegaskan, calon pemimpin memang harus lebih mengenal dan dikenal masyarakat. "Pemimpin juga harus punya kemandirian, bukan pengaruh dari pihak lain. Serta memiliki sifat kekinian dan terus berproses," kata Gagarin yang disambut anggukan dari Gus Fuad serta sejumlah santri yang saat itu ikut menyambut kedatangannya.

Tak hanya itu, di hadapan KH Fuad, Gagarin juga berpendapat kalau pemimpin itu harus bisa membuat jejaring kuat. Baik dengan pemprov ataupun pemerintah pusat. (yun/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...