Razia, Polres Gresik Amankan Sopir Bus Konsumsi Narkoba di Terminal Bunder

Razia, Polres Gresik Amankan Sopir Bus Konsumsi Narkoba di Terminal Bunder Kapolres AKBP Kusworo Wibowo menyaksikan tes urine sopir bus. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik berhasil mengamankan sopir bus pengonsumsi narkoba saat menggelar razia dan tes urine di Terminal Bunder, Selasa (17/12). Sopir diduga pengguna narkoba itu berinisial SP, yang mengemudikan trayek bus jurusan Surabaya - Semarang.

Dia kedapatan memakai narkoba saat dites urine, bahkan petugas dari BNNK Gresik melakukan tes dua kali.

Sebelumnya, petugas gabungan Satlantas Polres Gresik dan BNNK Gresik menggelar tes urine dadakan di Terminal Bus Bunder. Para petugas gabungan tersebut memeriksa satu per satu sopir yang transit di terminal. Dalam proses tes urine, para sopir didampingi satu petugas untuk memastikan urine yang dipakai miliknya sendiri.

"Sopir bus yang positif kami periksa dua kali, ternyata memang positif narkoba. Bahkan, kita tes dengan alat berbeda. Karena awalnya habis minum obat. Saat ini diinterogasi petugas polisi," ujar dr. Yoyon Eko Purwanto, petugas BNNK Gresik.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menyatakan pihaknya sengaja melakukan tes urine kepada sopir bus. Hal itu untuk meminimalisir kecelakaan akibat sopir yang kedapatan memakai narkoba maupun minuman keras.

Mantan Kapolres Jember itu menambahkan, selain melakukan tes urine, petugas juga memeriksa kesehatan sopir serta diberi multivitamin oleh petugas kesehatan. "Sedikitnya 15 sopir yang kami lakukan tes urine, ada satu sopir yang kedapatan positif narkotika. Kita amankan dan diinterogasi petugas kami. Sopir itu mengaku sudah seminggu memakai narkoba jenis sabu-sabu. Tadi juga kami periksa kesehatan sopir tersebut," jelasnya.

Kapolres menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka persiapan Ops Lilin Semeru 2019 menjelang liburan natal dan tahun baru 2020. "Kami ingin memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman, ini tugas kami," pungkasnya.

Kasatreskoba AKP Heri Kusnanto menambahkan, sopir yang kedapatan positif narkoba telah diamankan oleh petugas dan untuk selanjutnya akan diperiksa lebih lanjut.

Dari pemeriksaan sementara, pelaku terindikasi pemakai narkoba jenis sabu-sabu. "Pelaku mengaku sudah seminggu lalu memakai narkoba," katanya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO