Sabtu, 18 Januari 2020 12:27

7 Kecamatan di Jombang Terdampak Puting Beliung

Jumat, 13 Desember 2019 01:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
7 Kecamatan di Jombang Terdampak Puting Beliung
Rumah warga tampak rusak parah akibat terjangan angin puting beliung.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya ada tujuh Kecamatan yang berada di Kabupaten Jombang yang mengalami kerusakan dampak dari bencana angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (12/12) sore.

Di antaranya, Kecamatan Mojowarno, Ngoro, Wonosalam, Bareng, Gudo, Diwek, serta Mojoagung. Dengan total sementara ada 19 desa.

Dari data sementara yang diperoleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menyebutkan, dari tujuh kecamatan tersebut terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan cukup parah.

Tiga rumah yang rusak parah yakni di Kecamatan Ngoro, di Wonosalam, dan di Bareng. Satu rumah rusak sedang dan puluhan lainnya rusak ringan. Sedangkan, ada sekitar lima tempat usaha yang juga mengalami kerusakan, serta banyak pohon tumbang.

Hembusan angin puting beliung juga menyapu atap parkiran Sekolah Dasar Negri (SDN) Gondek hingga roboh.

Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan, pihaknya masih melakukan inventarisir data kerusakan yang ditimbulkan oleh terjangan angin.

Dirinya juga mengerahkan semua anggotanya untuk melakukan evakuasi batang pohon tumbang yang menimpa rumah warga serta yang menghalangi/menutupi jalan.

"Kami masih mengumpulkan data terkait kerusakan baik rumah, tempat usaha, serta fasilitas lainnya. Jadi itu masih data sementara, karena yang terdampak sangat banyak dan luas," ucapnya saat dikonfirmasi via ponsel, Kamis (12/12) sekitar pukul 21:00 WIB.

"Untuk penanganan ringan seperti pohon tumbang yang berukuran kecil dan membahayakan atau menghalangi jalan, kami tangani dengan segera. Namun untuk yang kategori berat atau tidak mengganggu, akan ditindaklanjuti besok pagi (hari ini, red)," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Kamis 12 Desember 2019, sekitar pukul 15:00 WIB, terjadi hujan deras dengan butiran es disertai angin kencang yang memporak-porandakan tujuh kecamatan di Kabupaten Jombang. (jbg1/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Rabu, 15 Januari 2020 12:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...