130 Pelamar Penyuluh Agama Islam Kemenag Lamongan Ikuti Tes Wawancara

130 Pelamar Penyuluh Agama Islam Kemenag Lamongan Ikuti Tes Wawancara Suasana tes wawancara PAI Non PNS Kemenag Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 130 pelamar Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS yang mendaftar melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, mengikuti tes wawancara di Aula Kemenag setempat, Selasa (10/12).

Kepala , H. Sholeh,M.Si didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Khoirul Anam, mengatakan rekrutmen Penyuluh Agama Islam non PNS tersebut menyusul habisnya masa kerja PAI rekrutmen 2017 yang berakhir Desember 2019. Selanjutnya Bimas melakukan evaluasi sebanyak 216 PAI, dan hasilnya ada 50 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk diangkat kembali, sehingga dilakukan rekrutmen baru.

Menurutnya, sebelumnya pada tahapan tes tulis diikuti sebanyak 171 peserta dan yang dinyatakan lolos untuk mengiuti tes wawancara sebanyak 130 orang.

“Tes wawancara dilaksanakan maksimal 20 menit. Materi yang diujikan adalah pemahaman tentang wawasan kebangsaan, keagamaan dan wawasan peraturan perundang-undangan,” jelas Khoirul Anam.

Ditambahkan Anam, tes wawancara merupakan tahapan terakhir dalam proses rekrutmen PAI non PNS, sehingga untuk tahap selanjutnya adalah pengumuman kelulusan yang akan disampaikan secepatnya.

Terkait kuota yang dibutuhkan, kata dia, rekrutmen untuk mengisi kekosongan sebanyak 48 orang yang ditempatkan di sejumlah kecamatan.

"Penyuluh Agama Islam yang kita cari harus memiliki pengetahuan agama yang luas, serta mengerti akan kebutuhan spritual masyarakat di wilayah binaannya masing-masing," terangnya.

Adapun tim penguji adalah Abdul Wahid Efendi (Kanwil Kemenag Propinsi Jatim), Sunhaji (Kasubag TU ),  dan Abd Ghofur (Kasi Pendma ). (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO