171 Pelamar Penyuluh Agama Non PNS Kemenag Lamongan Ikuti Tes Tulis

171 Pelamar Penyuluh Agama Non PNS Kemenag Lamongan Ikuti Tes Tulis Kepala Kemenag Lamongan H. Sholeh menyerahkan Bendel Naskah kepada Kasi Bimas H. Khoirul Anam.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 171 pelamar Penyuluh Agama Islam Non PNS Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan mengikuti tes tulis di Aula Kemenag Jalan Veteran, Minggu (8/12).

Kepala Kantor , H. Sholeh, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, tujuan diselenggarakanya ujian tes tulis untuk penyuluh Non PNS ini untuk mencari penyuluh yang benar-benar memiliki kompetensi serta dapat diandalkan dalam membimbing umat.

"Saya berpesan untuk semua peserta tes, agar mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan baik dan menghidari hal-hal yang tidak dibenarkan," ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Bimas Islam, H. Khoirul Anam menyampaikan bahwa jumlah pelamar secara keseluruhan sebanyak 171 orang dan akan mengisi lowongan sebanyak 48 untuk ditempatkan di beberapa kecamatan.

Dari 171 peserta ini akan mengikuti seleksi yang dibagi dalam 2 kategori, yakni tes tertulis dan tes wawancara.

Dikatakanya, tes tertulis dilaksanakan pada Minggu (8/12). Sedangkan untuk tes wawancara akan dilaksanakan pada Selasa (10/12) lusa. Tes wawancara banyak praktik di antaranya membaca Alquran, salat, dan ceramah.

Menurut Anam, untuk ceramah, panitia sudah menyiapkan beberapa materi yang nantinya akan dipilih salah satu oleh peserta untuk disampaikan kepada penguji.

"Di antara materinya tentang zakat, wakaf, pemberantasan buta aksara Alqur’an, pembinaan keluarga sakinah,aAliran sempalan dan radikalisme, pemberantasan HIV dan narkoba, kerukunan umat beragama, dan yang terakhir produk halal," pungkasnya. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO