​UKMF Keislaman UTM Gelar Lomba Baca Kitab Kuning se-Jatim

​UKMF Keislaman UTM Gelar Lomba Baca Kitab Kuning se-Jatim Para juara lomba baca kitab kuning (fathul qorib) yang digelar mahasiswa Fakultas Keislaman Dzikr N Fikr Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Keislaman Dzikr N Fikr Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar lomba baca kitab kuning (fathul qorib) di gedung rektorat setempat, Kamis (28/11).

M. Ali Widad selaku penanggung jawab acara mengatakan, kegiatan lomba baca kitab kuning ini merupakan rangkaian acara tahunan untuk memperingati hari besar bahasa arab (Mahara).

"Acara Mahara ini rentetan dari kegiatan yang dilaksanakan dari hari Rabu (27/11) kirab Arabi, meliputi puisi bahasa arab dan baca kitab kuning (Kamis, 28/11), nyanyi bahasa arab dan Olimpiade Nahwu Sorraf (Jumat, 29/11), seminar nasional islam dan revolusi industri (Sabtu, 30/11)," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Widad menjelaskan tujuan kegiatan ini, selain ingin UKM-nya dikenal oleh masyarakat di luar UTM, juga menjadi bagian upaya Fakultas Keislaman dalam memberikan manfaat bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya Madura sendiri, dalam pengembangan budaya berbahasa arab.

Kegiatan yang diikuti oleh 69 siswa dan mahasiswa seluruh Jawa Timur ini digelar sejak pukul 08.00 WIB, dan berakhir 21.30 WIB tanpa ada kendala apapun.

Widad berharap para pemenang bisa mengembangkan bakatnya di bidang bahasa arab dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (ida/uzi/ian)

Berikut nama-nama pemenang :

Tingkat mahasiswa

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO