Gelar Latma MTA Philindo 1/2019, KRI Hiu-634 Merapat di Dermaga Filipina

Gelar Latma MTA Philindo 1/2019, KRI Hiu-634 Merapat di Dermaga Filipina Seluruh kru KRI Hiu-634 foto bersama usai tiba di Dermaga Sasa Wharf Davao Filipina, Minggu (24/11) waktu setempat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Hiu-634 tiba di Dermaga Sasa Wharf Davao Filipina, Minggu (24/11) waktu setempat. Kapal perang dari jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) ini bersama Angkatan Laut Filipina (Philippine Navy) terlibat dalam Latihan Bersama Maritime Training Activity (MTA) Philindo 1/2019.

Terlihat hadir saat menyambut kedatangan KRI Hiu-634 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agus Tri Ariyanto selaku Komandan Satgas ini, antara lain Danguskamla Laksma TNI Rachmad Jayadi bersama Athan Filipina Kolonel Laut (P) Reza dan Deputy Commander Naval Forces Eastern Mindanao (NFEM) Captain Socrater M. Daza.

Dalam sambutannya, Laksma Rahmad mengatakan bahwa latihan ini merupakan latihan pertama antara TNI AL dengan Philippine Navy (PN) yang telah disepakati sebagai wadah forum kerja sama militer bidang latihan bersama antara Indonesia dengan Filipina (Military to Military).

Rahmad juga menambahkan jika Latma MTA Philindo 1/2019 digelar sebagai upaya peningkatan hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Philipina, sekaligus mengukur kemampuan personel maupun persenjataan serta mempelajari taktik dan strategi yang dimiliki oleh Philippine Navy.

“Latihan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama militer antara TNI AL dengan PN. Hingga diharapkan dapat memenuhi target sasaran berupa tercapainya program dan materi latihan bersama sesuai dengan yang telah disepakati antar kedua pihak, juga meningkatnya kemitraan, pengetahuan, keterampilan dan kemahiran teknis atau taktis satuan dalam diri prajurit TNI AL dan PN,” terangnya.

Di sisi lain Dansatgas Letkol Laut (P) Agus Tri Ariyanto menjelaskan jika dalam latihan bersama yang dilaksanakan dari 16 November hingga 7 Desember 2019 ini melibatkan empat kapal perang sebagai unsur latihan. Yakni KRI Hiu-634 dan KRI Pandrong-801 dari delegasi TNI AL. Serta BRP Apolonario Mabini PS36 dan BRP Liberato Picar PC377 dari delegasi Philippine Navy, juga para personel satgas di mana salah satunya 1 Tim Satkopaska ikut bergabung.

Mengambil lokasi di sekitar perairan wilayah laut Indonesia-Filipina, tepatnya di Naval Station Felix Apolinario dan Teluk Davao ini, menurut Dansatgas para personel akan melaksanakan beragam materi latihan yang terbagi dalam tiga tahap yakni Tahap Pangkalan, Tahap Laut, dan Tahap Pengakhiran. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO