Satsel Koarmada II Terima Prototipe Ponton Sandar Kapal Selam

Satsel Koarmada II Terima Prototipe Ponton Sandar Kapal Selam Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II menerima Prototipe Ponton Sandar Kapal Selam Tahap I, di Mako Koarmada II, Surabaya pada Jumat (22/11).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Satuan Kapal Selam (Satsel) menerima Prototipe Ponton Sandar Kapal Selam Tahap I, di Mako , Surabaya pada Jumat (22/11).

Prototipe diberikan langsung oleh Komisaris PT. Floton Bahari Imdonesia Ir. Agus Irwanto kepada Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Kadislitbangal) Laksma TNI Kasih Prihantoro, untuk selanjutnya diserahkan kepada Komandan Satsel Kolonel Laut (P) M. Iwan Kusumah. 

Acara diawali dengan paparan teknis prototipe ponton sandar kapal selam tahap 1, dilanjutkan dengan peninjauan dan penyerahan prototipe yang merupakan hasil penelitian staf Dislitbangal bekerjasama dengan PT. Floton Bahari Indonesia.

Dalam sambutannya Kadislibangal mengatakan, Dislitbangal selaku badan pelaksana pusat Mabesal mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan. Meliputi, penelitian pengembangan pengujian dan evaluasi serta pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pembinaan kemampuan TNI AL.

Lebih lanjut menurut Kadislitbangal, penelitian dan pengembangan prototipe ponton sandar kapal selam berbahan HDPE yang dilaksanakan oleh Dislitbangal merupakan implementasi dari tugas pokok Dislitbangal dalam menjawab tantangan akan kebutuhan fasilitas sandar yang efektif bagi kapal, utamanya kapal selam sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan operasi kapal selam di seluruh wilayah perairan Indonesia.

"Material HDPE (High Density Polyethylene) yang digunakan adalah polietilena thermoplastic, merupakan bahan olahan dari minyak bumi yang mempunyai banyak keunggulan di antaranya tahan terhadap benturan mempunyai stabilitas yang baik tidak bereaksi terhadap air laut mobilitas tinggi tahan korosi serta ramah lingkungan," jelas Kadislitbangal.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Kolonel Laut (T) Doddy Setyo Prambudi, Sekdislitbangal, Paban II Mat Slogal dan para Kasatker . (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO