Agar Lebih Aman, Komunitas Pengawal Ambulans Diminta Cukup Berjaga di Persimpangan

Agar Lebih Aman, Komunitas Pengawal Ambulans Diminta Cukup Berjaga di Persimpangan Petugas menilang pengendara roda dua yang kedapatan melanggar lalu lintas.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Munculnya komunitas masyarakat peduli perjalanan mobil ambulans saat mengantar pasien menuju rumah sakit mendapat banyak apresiasi positif dari banyak masyarakat. Namun demikian, dalam memberikan pengawalan ada aturan lalu lintas yang juga harus dipahami dan ditaati oleh masyarakat.

Sebagai sebuah solusi, Kasatlantas Polres AKP Edwin Nathanael mengusulkan agar sukarelawan pengawal ambulans itu cukup bermodalkan toa dan berjaga di persimpangan yang dilalui ambulans, tanpa mengawal sepanjang perjalanan. Hal ini dinilai Kasatlantas lebih aman tanpa harus membahayakan berbagai pihak. 

"Kami dari kepolisian sangat peduli dengan rekan rekan relawan yang mengawal ambulan secara sukarela. Namun, polisi juga harus memperhatikan bahaya dari kegiatan pegawalan ambulans oleh masyarakat sipil," kata Edwin saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (21/11/2019).

Ia menyontohkan kecelakaan yang terjadi beberapa waktu lalu di Gambirono, Kecamatan Bangsalsari. "Saat itu ada masyarakat yang sukarela dengan motornya mengawal ambulans. Tapi karena tidak dibekali pengetahuan mengawal ambulans, akhirnya justru ambulans tersebut menabrak beberapa pengguna sepeda motor," ulasnya.

Ia mengaku akan menawarkan solusi itu dan menyosialisasikannya ke beberapa komunitas pengawal ambulans. "Mungkin itu lebih aman dan nantinya akan disampaikan. Ya, kita lihat nantinya. Itu solusi agar membantu kelancaran ambulans itu," ujarnya.

Ia bahkan menegaskan pihak kepolisian tidak segan untuk melakukan tindakan jika masih ada masyarakat yang masih mengawal ambulans. "Seperti yang kita lakukan tadi pagi, ada anggota yang menilang karena melanggar rambu lalu lintas," pungkasnya. (jbr1/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO