Rabu, 12 Agustus 2020 22:48

Komisi I DPRD Pasuruan Minta Anggaran Rp 3 Miliar di Dispendukcapil Ditunda

Senin, 11 November 2019 21:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Komisi I DPRD Pasuruan Minta Anggaran Rp 3 Miliar di Dispendukcapil Ditunda
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko menunjukkan berkas warga yang mengajukan pembaruan Kartu Keluarga (KK).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan meminta agar anggaran miliaran rupiah yang diusulkan Dispendukcapil untuk pengadaan mobil pelayanan, pengadaan alat cetak, serta ATK lainya untuk di-pending dulu. Komisi yang membidangi soal hukum dan pemerintahan menilai pengadaan tersebut masih belum urgent dan tidak akan mengganggu aktivitas pelayanan apabila ditunda.

Ketua Komisi I Dr. Kasiman, SENIN, 11 NOVEMBER 2019, mengungkapkan, dari data yang diusulkan Dispendukcapil, ada usulan kegiatan program tahun 2020 yang totalnya mencapai 3 miliar rupiah. Di antaranya untuk pengadaan mobil layanan keliling Rp 750 juta, pengadaan alat cetak, dan juga beberapa ATK lainnya yang juga mencapai ratusan juta rupiah.

Kasiman berpendapat, program yang diusulkan oleh Dispendukcapil di anggaran 2020 perlu dievaluasi secara jeli. Termasuk, apakah itu kebutuahan urgent dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat.

"Untuk diketahui, saat ini pelayanan yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat adalah soal e-KTP yang masih lemot, ini yang perlu diperbaiki," cetus politikus Gerindra ini.

Terpisah Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko yang dikonfirmasi usai rapat menjelaskan bahwa usulan Rp 3 miliar yang diajukan OPD-nya untuk anggaran 2020 merupakan angka globa. "Anggarannya mencapai 3 miliar rupiah, bukan satu program saja, akan tapi ada beberapa kegiatan yang memang berkaitan erat dengan pelayanan kepada masyarakat," terangnya, Senin (11/11) kemarin.

Ia menyontohkan pengadaan mobil layanan keliling kepada masyarakat, menurutnya hal itu cukup urgent. Sebab, pihaknya selama ini terpaksa harus bongkar pasang jika melakukan kegiatan pelayanan keliling desa/kecamatan. Sebab, kendaraan yang dimiliki Dispendukcapil terbatas dan sudah berusia tua. 

Untuk pengadaan alat percetakan yang diajukan di APBD 2020, kata ia, juga bertujuan untuk mendukung pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Kecamatan.

“Kalau misalkan usulan yang diajukan itu di-pending Komisi I, maka dampaknya jelas sekali, pelayanan kepada masyarakat akan terganggu. Pasalnya ada 23 jenis layanan administrasi kependudukan. Bukan persoalan e-KTP saja yang perlu diperhatikan," tukasnya. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...