Kamis, 20 Februari 2020 21:23

Anak Gadis Jember Hilang, Keluarga Khawatir Jadi Korban Sindikat Perdagangan Manusia

Sabtu, 09 November 2019 15:11 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yudi Indrawan
Anak Gadis Jember Hilang, Keluarga Khawatir Jadi Korban Sindikat Perdagangan Manusia
Novi Kakak Sumiati (kaos biru) merah dan Ibunya (baju biru muda).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hilangnya gadis ABG asal Dusun Sumberlanas Timur, Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Sumiati (16) membuat khawatir pihak keluarga. Terlebih lagi tetangganya Helmina (30) juga ikut menghilang, setelah sebelumnya diketahui keduanya sempat bertemu dan saling mengobrol.

"Adik saya itu pendiam mas. Jangankan pergi jauh dari rumah, ke Jember (pusat kota) saja sama sekali tidak pernah. Penakut dia dan jauh dari rumah," kata kakak pertama Sumiati, Novi Oktavia (21) saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (9/11/2019).

(Suami Helmina)

Novi menduga adiknya menjadi korban perdagangan manusia ataupun juga diajak kerja ke luar kota oleh Helmina, karena dia juga pernah ditawari oleh tetangganya itu.

"Sebelum-sebelumnya saya pernah ditawari sama Bu Helmina itu kerja pergi ke Bali. Berkali-kali mengajak saya, tapi saya tidak mau, dan mungkin akhirnya merayu adik saya itu," ungkap dia.

"Entah bagaimana cara merayunya, tapi adik saya sama sekali tidak pernah ada keinginan bekerja. Jangankan kerja, mau dijodohkan saja untuk tunangan sudah 2 kali gagal. Dia benar-benar lugu dan pendiam anaknya," ungkap dia.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, I Luh Sri (51), Ibu dari Sumiati mengatakan, jika anaknya itu penurut dan pendiam. Saat Helmina berkunjung ke rumahnya dan ngobrol dengan Sumiati, dirinya mengaku tidak tahu apa yang dibicarakan.

"Karena anak saya itu pendiam dan penurut. Sebelum hilang, tidak bertengkar, tidak dimarahi, ataupun kenal dekat dengan laki-laki siapa pun. HP (ponsel, red) saja tidak punya. Pergi jauh juga sama sekali tidak pernah, kecuali diajak bareng-bareng dengan keluarga," ungkap wanita asli Karangasem-Bali ini.

Sri mengungkapkan, dirinya bisa tinggal di Jember, karena menikah dengan orang Desa Silo, Jember.

"Sudah 10 tahun saya di Jember, ikut suami. Anak-anak keempat-empatnya kelahiran Bali semua. Pindah dari Bali ke Jember karena ikut suami. Tapi sekarang suami saya menghilang pergi lagi ke Bali, tapi tidak tahu bagaimana kabarnya. Kasihan Sumiati, dia tidak punya bapak, kayak anak yatim," katanya.

Perlu diketahui, Sumiati adalah anak ketiga dari 4 bersaudara. Anak pertama Novi Oktavia, kedua Febriyanto, ketiga Sumiati, dan satu lagi anak keempat masih kecil.

Febriyanto, kakak kedua Sumiati berharap adiknya cepat pulang. Dia tidak tahu kalau bekerja sebagai apa karena tidak biasa bekerja. Dia menduga ada yang mengajak dan memberi iming-iming sehingga mau ke luar rumah. (jbr/yud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...