Selasa, 11 Agustus 2020 10:17

Jelang Musim Hujan, Pemkot Surabaya Rutin Keruk Selokan

Kamis, 07 November 2019 23:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Jelang Musim Hujan, Pemkot Surabaya Rutin Keruk Selokan
Sebanya 1.400 Satgas dikerahkan untuk pengerukan selokan yang terbagi dalam lima rayon, masing-masing Surabaya Barat, Timur, Utara, Selatan dan Pusat.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rutin melakukan pengerukan saluran air di berbagai kawasan. Kegiatan bersih-bersih dilakukan untuk mengembalikan kapasitas saluran sesuai fungsinya.

Pasalnya, berdasarkan pantauan Satgas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) di sejumlah lokasi, ditemukan saluran air yang mengalami pendangkalan, akibat sedimentasi. Kondisi tersebut rentan menyebabkan genangan, terutama saat memasuki musim hujan seperti saat ini, karena kapasitas saluran tak mampu menampung aliran air.

Kepala Bidang Pematusan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Syamsul Hariadi mengungkapkan, hingga Bulan Oktober, volume sedimen, berupa tanah maupun sampah yang terkumpul mencapai 45 ribu dump truck. Satu dump truck, berisi 6 meter kubik, sehingga volume kerukan sekitar 270 ribu meter kubik.

“Kalau penuh, satu dump truck berisi 7-8 meter kubik. Kenapa diisi 6 meter meter kubik, khawatirnya kalau diisi penuh bisa membahayakan, sebab bisa tumpah di jalan. Makanya, ada space setengah meter lebih,” kata Syamsul, Kamis (7/11).

Syamsul mengatakan, sedimentasi saluran air di antaranya disebabkan oleh kondisi topografi Kota Surabaya yang datar. Sehingga, saluran air yang sebelumnya tingginya dua meter, akibat sedimentasi menjadi satu meter.

“Kapasitas yang harusnya terisi air, terisi sedimen lumpur maupun campuran sampah dan sebagainya. Dengan kegiatan pengerukan saluran, ketika hujan, jika sebelumnya berisi sedimen, kembali terisi air,” papar Syamsul.

Dalam melakukan kegiatan pengerukan saluran, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan menerjunkan sekitar 1.400 satgas, yang terbagi dalam lima rayon, masing-masing Surabaya Barat, Timur, Utara, Selatan dan Pusat. Dari jumlah satgas tersebut, sebanyak 370 orang bertugas sebagai operator alat berat, driver, dan operator pompa.

Syamsul menyebutkan, pengerukan saluran menggunakan peralatan, mulai dari alat berat berupa eskavator serta dump truck. Dinas PU Bina Marga dan Pematusan memiliki 63 eskavator dan 80 unit angkutan dump druck.

“Hasil kerukan akan dibuang ke tanah BTKD (Bekas Tanah Kas Desa), kalau mau digunakan untuk pembangunan lapangan. Agar biayanya tak terlalu tinggi, makanya kita uruk dengan sedimen, atasnya baru finishing dengan sirtu,” jelasnya.

Selain pembangunan lapangan, kerukan saluran juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan taman. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...