Sekda Tak Hadir di Sidang Praperadilan, Kuasa Hukum Bantah Kliennya Melarikan Diri

Sekda Tak Hadir di Sidang Praperadilan, Kuasa Hukum Bantah Kliennya Melarikan Diri Suasana sidang praperadilan Sekda Andhy Hendro Wijaya. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sidang praperadilan dengan pemohon , Andhy Hendro Wijaya kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Selasa (5/11).

Agenda sidang dengan Hakim Tunggal Rina Indrajanti, S.H., kali ini adalah penyampaian materi jawaban replik pemohon atas termohon (jaksa).

Hadir dari pemohon kuasa Sekda, Hariyadi, S.H. dan Toufan Reza, S.H. Sementara dari Kejari Gresik hadir Alifin Nur Wanda, dan Agung Ngura.

Sebelum replik dibacakan pemohon, Hakim mempertanyakan Sekda hadir atau tidak, yang kemudian dijawab Hariyadi bahwa Andhy Hendro Wijaya tak hadir. "Tidak hadir yang mulia," kata Hariayadi saat memulai pembacaan replik setebal 10 halaman.

Hariyadi kemudian mengungkapkan alasan ketidakhadiran kliennya. Menurut ia, ketidakhadiran kliennya dibolehkan menurut Undang-Undang. "Tidak ada kewajiban hukum bahwa prinsipal Pemohon Praperadilan harus hadir di persidangan, dan tidak ada pula peraturan perundang-undangan lain yang menyatakan, tidak hadirnya prinsipal Pemohon Praperadilan menjadikan praperadilan tidak dapat diterima," tutur Hariyadi.

"Termohon sebagai penyidik berwenang melakukan pemanggilan kepada tersangka, tetapi kewenangan termohon yang menetapkan pemohon sebagai tersangka saat ini sedang diuji dalam sidang banding," jelasnya.

Hariyadi juga mempertanyakan pemanggilan hingga ketiga kalinya yang dilakukan Kejari Gresik terhadap Sekda pasca ditetapkan tersangka. "Tersangka tidak dapat dikatakan tanpa alasan yang sah tak menghadiri panggilan ke-1 dan ke-2 karena tengah mencari kuasa hukum, namun termohon (Jaksa) tetap melakukan panggilan tersangka yang ke-3," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO