Sabtu, 16 November 2019 03:13

Sate Gurita, Surga Tersembunyi Kuliner di Ujung Selatan Blitar

Senin, 04 November 2019 12:09 WIB
Editor: .
Wartawan: Akina Nur Alana
Sate Gurita, Surga Tersembunyi Kuliner di Ujung Selatan Blitar
Proses pembakaran sate gurita.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Blitar memiliki beragam kuliner khas dan menarik. Salah satunya adalah olahan seafood.

Namun di sebuah warung yang terletak di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, olahan seafoodnya lain dari yang lain.

Warung sederhana ini menyediakan menu sate gurita. Sate gurita dengan cita rasa gurih-gurih kenyal ini menjadi menu andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Selatan Blitar.

Suhani (32), pemilik warung mengatakan, saat musim libur tiba dalam sehari dia bisa menghabiskan 10 kg gurita segar untuk disate. Gurita yang diolah menjadi sate ini merupakan tangkapan nelayan setempat yang cukup melimpah.

Untuk memproses gurita menjadi sate diperlukan dua kali proses. Pertama gurita yang sudah dibersihkan dipotong dadu lalu dilumuri bumbu rahasia dan direbus sampai dagingnya empuk. Setelah itu daging gurita ditusuki seperti penyajian sate pada umumnya. Proses selanjutnya gurita dipanggang di atas bara api sambil diolesi kecap manis. Tak butuh waktu lama, sate gurita pun siap dinikmati.

"Kalau sudah dibakar seperti ini tergantung pelanggan seleranya seperti apa untuk menikmati. Ada yang minta pakai bumbu kacang serta irisan bawang merah mentah kayak sate pada umumnya. Tapi ada pula yang minta polos untuk langsung disantap. Karena sudah dibumbui, kalau dimakan tanpa bumbu kacang juga sudah enak," ungkap Suhani.

Salah satu wisatawan yang tergoda kenikmatan sate gurita khas Pantai Jolosutro tak lain adalah Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto yang baru bertugas di Blitar. "Rasanya enak dan gurih. Ditambah suasana pinggir pantai menambah kenikmatan sensasi sate gurita," kata Budi Hermanto.

Sate gurita ini bisa dinikmati hanya dengan Rp 25 ribu per porsi. Satu porsi berisi 10 tusuk sate gurita. Tak hanya itu, sambil menikmati sate gurita, wisatawan juga mendapatkan bonus pemandangan indah Pantai Jolosutro dan semilir angin di bawah pohon cemara udang di sepanjang bibir pantai. 

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...