Selasa, 07 Juli 2020 19:10

Sate Gurita, Surga Tersembunyi Kuliner di Ujung Selatan Blitar

Senin, 04 November 2019 12:09 WIB
Editor: .
Wartawan: Akina Nur Alana
Sate Gurita, Surga Tersembunyi Kuliner di Ujung Selatan Blitar
Proses pembakaran sate gurita.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Blitar memiliki beragam kuliner khas dan menarik. Salah satunya adalah olahan seafood.

Namun di sebuah warung yang terletak di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, olahan seafoodnya lain dari yang lain.

Warung sederhana ini menyediakan menu sate gurita. Sate gurita dengan cita rasa gurih-gurih kenyal ini menjadi menu andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Selatan Blitar.

Suhani (32), pemilik warung mengatakan, saat musim libur tiba dalam sehari dia bisa menghabiskan 10 kg gurita segar untuk disate. Gurita yang diolah menjadi sate ini merupakan tangkapan nelayan setempat yang cukup melimpah.

Untuk memproses gurita menjadi sate diperlukan dua kali proses. Pertama gurita yang sudah dibersihkan dipotong dadu lalu dilumuri bumbu rahasia dan direbus sampai dagingnya empuk. Setelah itu daging gurita ditusuki seperti penyajian sate pada umumnya. Proses selanjutnya gurita dipanggang di atas bara api sambil diolesi kecap manis. Tak butuh waktu lama, sate gurita pun siap dinikmati.

"Kalau sudah dibakar seperti ini tergantung pelanggan seleranya seperti apa untuk menikmati. Ada yang minta pakai bumbu kacang serta irisan bawang merah mentah kayak sate pada umumnya. Tapi ada pula yang minta polos untuk langsung disantap. Karena sudah dibumbui, kalau dimakan tanpa bumbu kacang juga sudah enak," ungkap Suhani.

Salah satu wisatawan yang tergoda kenikmatan sate gurita khas Pantai Jolosutro tak lain adalah Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto yang baru bertugas di Blitar. "Rasanya enak dan gurih. Ditambah suasana pinggir pantai menambah kenikmatan sensasi sate gurita," kata Budi Hermanto.

Sate gurita ini bisa dinikmati hanya dengan Rp 25 ribu per porsi. Satu porsi berisi 10 tusuk sate gurita. Tak hanya itu, sambil menikmati sate gurita, wisatawan juga mendapatkan bonus pemandangan indah Pantai Jolosutro dan semilir angin di bawah pohon cemara udang di sepanjang bibir pantai. 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...