Rabu, 19 Juni 2019 06:51

Bakso Belimbing Sedang Hits di Kota Blitar, Seperti Apa Rasanya?

Minggu, 17 Maret 2019 17:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Bakso Belimbing Sedang Hits di Kota Blitar, Seperti Apa Rasanya?
Asma Rosida tengah menyiapkan Bakso Belimbing hasil kreasinya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya semangkuk bakso? Makanan berkuah ini bisa ditemukan mulai dari kampung hingga kota-kota besar di Indonesia.

Makanan berbentuk bulat ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daging yang dibentuk bulat seukuran sebesar bola ping pong. Namun di Kota Blitar belakangan ramai bakso yang bisa dikatakan "tak biasa". Karena terbuat dari campuran antara daging sapi dan buah belimbing.

Bakso belimbing ini bisa ditemui di Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Pencetusnya seorang penggiat UKM bernama Asma Rosida.

Awalnya, wanita berusia 45 tahun ini, melihat potensi besar buah belimbing yang dibudidayakan warga sekitar tempat tinggalnya. Bersama Indah yang juga sama-sama warga Kelurahan Karangsari, Asma kemudian mencoba berkreasi menciptakan makanan unik dari buah belimbing hingga menemukan ide resep bakso isi tumis belimbing.

"Karangsari memang terkenal sebagai agrowisata belimbing. Nah dari situlah saya ingin membuat kuliner unik yang nantinya bisa jadi ikon. Ketemulah resep bakso belimbing ini," ungkap Asma, Minggu (17/3/2019).

Dalam sehari tak kurang dari 100 biji bakso isi belimbing ludes diserbu pembeli. Rata-rata pembeli adalah anak muda yang penasaran dengan makanan unik ini. Selain unik, harga bakso belimbing ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5 ribu, semangkok bakso belimbing sudah bisa dinikmati.

"Biasanya yang datang anak-anak sekolah, ada juga warga dari luar kota yang penasaran dengan rasa bakso belimbing," jelasnya.

Dia menjelaskan, proses pembuatan bakso belimbing ini sama seperti bakso pada umumnya. Pertama adonan daging sapi giling disiapkan. Kemudian belimbing diparut, setelah itu ditumis menggunakan bumbu dan cabai. Kemudian adonan bakso dibentuk dan diisi dengan oseng belimbing lalu direbus.

"Kalau sudah matang kemudian bakso diangkat dan siap disajikan dengan pelengkap lainya seperti siomay dan gorengan," jelasnya.

Eli, salah satu pembeli bakso belimbing mengungkapkan, bakso belimbing memiliki cita rasa unik. Selain kenyal gurih dari bakso, begitu digigit rasa segar belimbing langsung terasa pecah di mulut.

"Rasanya khas karena ada asem-asemnya dari belimbing. Beda dengan rasa bakso pada umumnya," kata Eli. (ina/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...