Minggu, 29 Maret 2020 03:55

Bakso Belimbing Sedang Hits di Kota Blitar, Seperti Apa Rasanya?

Minggu, 17 Maret 2019 17:00 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Bakso Belimbing Sedang Hits di Kota Blitar, Seperti Apa Rasanya?
Asma Rosida tengah menyiapkan Bakso Belimbing hasil kreasinya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya semangkuk bakso? Makanan berkuah ini bisa ditemukan mulai dari kampung hingga kota-kota besar di Indonesia.

Makanan berbentuk bulat ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daging yang dibentuk bulat seukuran sebesar bola ping pong. Namun di Kota Blitar belakangan ramai bakso yang bisa dikatakan "tak biasa". Karena terbuat dari campuran antara daging sapi dan buah belimbing.

Bakso belimbing ini bisa ditemui di Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Pencetusnya seorang penggiat UKM bernama Asma Rosida.

Awalnya, wanita berusia 45 tahun ini, melihat potensi besar buah belimbing yang dibudidayakan warga sekitar tempat tinggalnya. Bersama Indah yang juga sama-sama warga Kelurahan Karangsari, Asma kemudian mencoba berkreasi menciptakan makanan unik dari buah belimbing hingga menemukan ide resep bakso isi tumis belimbing.

"Karangsari memang terkenal sebagai agrowisata belimbing. Nah dari situlah saya ingin membuat kuliner unik yang nantinya bisa jadi ikon. Ketemulah resep bakso belimbing ini," ungkap Asma, Minggu (17/3/2019).

Dalam sehari tak kurang dari 100 biji bakso isi belimbing ludes diserbu pembeli. Rata-rata pembeli adalah anak muda yang penasaran dengan makanan unik ini. Selain unik, harga bakso belimbing ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5 ribu, semangkok bakso belimbing sudah bisa dinikmati.

"Biasanya yang datang anak-anak sekolah, ada juga warga dari luar kota yang penasaran dengan rasa bakso belimbing," jelasnya.

Dia menjelaskan, proses pembuatan bakso belimbing ini sama seperti bakso pada umumnya. Pertama adonan daging sapi giling disiapkan. Kemudian belimbing diparut, setelah itu ditumis menggunakan bumbu dan cabai. Kemudian adonan bakso dibentuk dan diisi dengan oseng belimbing lalu direbus.

"Kalau sudah matang kemudian bakso diangkat dan siap disajikan dengan pelengkap lainya seperti siomay dan gorengan," jelasnya.

Eli, salah satu pembeli bakso belimbing mengungkapkan, bakso belimbing memiliki cita rasa unik. Selain kenyal gurih dari bakso, begitu digigit rasa segar belimbing langsung terasa pecah di mulut.

"Rasanya khas karena ada asem-asemnya dari belimbing. Beda dengan rasa bakso pada umumnya," kata Eli. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...