Bupati Bangga, Musim Kemarau Panen Cabai Keriting di Blitar Melimpah

Bupati Bangga, Musim Kemarau Panen Cabai Keriting di Blitar Melimpah Bupati Blitar Rijanto panen raya cabai keriting bersama masyarakat Dusun Tambakrejo, Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Rabu (30/10/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto panen raya cabai keriting bersama masyarakat Dusun Tambakrejo, Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Rabu (30/10/2019). Panen raya itu dilakukan bersama kelompok tani Tani Makmur.

Bupati mengatakan, Dusun Tambakrejo merupakan salah satu sentra cabai yang ada di Kabupaten Blitar. Pada panen raya kali ini petani Dusun Tambakrejo Desa Ngadri yang bisa melaksanakan panen raya di lahan seluas 25 hektare pada musim kemarau.

"Blitar ini adalah daerah pertanian, untuk itu Dinas Pertanian terus memberikan pembinaan kepada para petani. Selain pembinaan, kita terus dorong petani menggunakan bibit unggul bersertifikat. Dan saat ini khusus petani cabai kita wadahi dalam koperasi. Karena apa? Bila tidak ada koperasi, petani tidak akan kuat dan gampang dipermainkan tengkulak," ungkap Bupati Rijanto dalam sambutannya.

Bupati menambahkan, potensi cabai di Kabupaten Blitar sangat bagus. Ke depan, Pemkab Blitar melalui Dinas Pertanian berupaya mendorong pengiriman cabai ke daerah-daerah lain. Termasuk ibu kota Jakarta. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani cabai.

"Kita sudah kerja sama dengan DKI Jakarta di bidang telur ayam. Telur kita setiap hari kita kirim ke sana. Jumat besok, rombongan dari DKI akan datang ke sini untuk melakukan penjajakan lagi. Di samping melihat telur, mereka akan kita ajak melihat tanaman cabai. Kalau cocok, DKI bisa menerima cabai dari Kecamatan Binangun," jelasnya.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu datang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wawan Widianto, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan drh Adi Andaka, serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Tuti Komaryati. (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO