Senin, 18 November 2019 17:58

Penjarah Kayu Jati di Ngawi Berhasil Kabur saat Petugas Datang

Selasa, 22 Oktober 2019 09:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Penjarah Kayu Jati di Ngawi Berhasil Kabur saat Petugas Datang
Petugas menunjukkan barang bukti berupa pohon jati yang sudah digergaji menjadi beberapa bagian.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Illegal logging di wilayah kawasan hutan Kabupaten Ngawi masih marak. Buktinya, pohon jati yang dikelola pihak Perhutani kerap menjadi sasaran para pelaku perusakan hutan.

Seperti yang terjadi Senin (21/10) kemarin. Petugas Perhutani memergoki sekelompok orang yang sedang melakukan pencurian kayu jati di wilayah Dusun Sidowayah Desa Bangunrejo Kidul, Kec. Kedunggalar Ngawi, tepatnya di petak 52A.

Petugas Perhutani yang saat itu melakukan patroli mengetahui beberapa orang yang sedang melakukan pemotongan pohon jati sekitar pukul 11.00. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Kedunggalar.

Anggota Polsek Kedunggalar bersama petugas Perhutani kemudian menuju lokasi yang terjadi pencurian kayu jati. Namun, saat sampai di lokasi, petugas tidak menemukan orang yang dicurigai. Hanya ada geledekan (klutuk) yang berisi kayu jati diduga hasil dari pemotongan pohon jati yang berada di lokasi.

Dari keterangan petugas Perhutani, geledekan berisi tiga batang kayu jati tersebut ditinggalkan para pelaku saat mengetahui ada petugas yang datang. Para pelaku memanfaatkan geledekan itu untuk mengangkut pohon jati yang sudah digergaji menjadi tiga bagian.

Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman membenarkan adanya pencurian kayu jati milik Perhutani dan saat ini dalam proses penyelidikan pihaknya.

"Ada laporan dari petugas Perhutani, namun saat petugas di lokasi, pelaku sudah kabur dan saat ini dalam proses penyelidikan," jelas Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman, saat dihubungi BANGSAONLINE.com.

Sejatinya ada salah satu warga yang mengakui bahwa geledekan (alat untuk mengangkut) merupakan miliknya. Namun, hingga saat ini petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (nal/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...