Senin, 25 Mei 2020 11:31

Penjarah Kayu Jati di Ngawi Berhasil Kabur saat Petugas Datang

Selasa, 22 Oktober 2019 09:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Penjarah Kayu Jati di Ngawi Berhasil Kabur saat Petugas Datang
Petugas menunjukkan barang bukti berupa pohon jati yang sudah digergaji menjadi beberapa bagian.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Illegal logging di wilayah kawasan hutan Kabupaten Ngawi masih marak. Buktinya, pohon jati yang dikelola pihak Perhutani kerap menjadi sasaran para pelaku perusakan hutan.

Seperti yang terjadi Senin (21/10) kemarin. Petugas Perhutani memergoki sekelompok orang yang sedang melakukan pencurian kayu jati di wilayah Dusun Sidowayah Desa Bangunrejo Kidul, Kec. Kedunggalar Ngawi, tepatnya di petak 52A.

Petugas Perhutani yang saat itu melakukan patroli mengetahui beberapa orang yang sedang melakukan pemotongan pohon jati sekitar pukul 11.00. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Kedunggalar.

Anggota Polsek Kedunggalar bersama petugas Perhutani kemudian menuju lokasi yang terjadi pencurian kayu jati. Namun, saat sampai di lokasi, petugas tidak menemukan orang yang dicurigai. Hanya ada geledekan (klutuk) yang berisi kayu jati diduga hasil dari pemotongan pohon jati yang berada di lokasi.

Dari keterangan petugas Perhutani, geledekan berisi tiga batang kayu jati tersebut ditinggalkan para pelaku saat mengetahui ada petugas yang datang. Para pelaku memanfaatkan geledekan itu untuk mengangkut pohon jati yang sudah digergaji menjadi tiga bagian.

Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman membenarkan adanya pencurian kayu jati milik Perhutani dan saat ini dalam proses penyelidikan pihaknya.

"Ada laporan dari petugas Perhutani, namun saat petugas di lokasi, pelaku sudah kabur dan saat ini dalam proses penyelidikan," jelas Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman, saat dihubungi BANGSAONLINE.com.

Sejatinya ada salah satu warga yang mengakui bahwa geledekan (alat untuk mengangkut) merupakan miliknya. Namun, hingga saat ini petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (nal/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...