Lawan Petahana, Anggota Polisi di Blitar Menangi Pilkades Bacem

Lawan Petahana, Anggota Polisi di Blitar Menangi Pilkades Bacem AKP Sukadi dipanggul pendukungnya setelah ditetapkan memperoleh suara terbanyak di Pilkades Bacem.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kapolsek Lodoyo Timur (Lotim), AKP Sukadi terpilih sebagai Kepala Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan, dalam Pilkades serentak Kabupaten Blitar 2019. Sukadi mengantongi 1.945 suara pemilih, mengungguli calon petahana Harmuji yang memperoleh 1.192 suara, dan dua calon lainya Mahsus dengan perolehan 63 suara dan Sardju dengan perolehan 248 suara.

Selama masa kampanye, Sukadi mengaku tidak terlalu berambisi mempromosikan diri kepada masyarakat. Sehingga dirinya tidak menyangka bisa terpilih menjadi Kepala Desa Bacem. Kepercayaan warga itu diperoleh atas dedikasi Sukadi selama menjabat sebagai Kapolsek Lotim.

"Silaturahim dan kedekatan yang saya jalin dengan masyarakat Bacem itu justru ketika saya turun melaksanakan tugas saya sebagai Kapolsek. Seiring berjalanya waktu, banyak warga masyarakat yang memotivasi saya untuk melanjutkan pengabdian sebagai Kades. Apalagi saya juga asli Bacem," ungkap Sukadi, Rabu (16/10/2019).

Sukadi berharap setelah mendapatkan amanah dari warga Desa Bacem, dirinya bisa menjalankan roda pemerintahan menuju ke arah yang lebih baik. "Ini adalah amanah. Saya berharap ke depan seluruh elemen di Desa Bacem bersatu, bersama-sama memajukan Desa Bacem," imbuhnya.

Terpisah, Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto melalui Kabag Ops Polres Blitar Kompol Wachid Arifaini mengatakan, jika terpilih menjadi Kades, AKP Sukadi harus menyerahkan jabatannya sebagai Kapolsek ke Kapolres untuk dicarikan penggantinya.

"Kalau terpilih, otomatis sebelum pelantikan sebagai Kades terpilih harus menyerahkan tugasnya sebagai Kapolsek ke Kapolres untuk dicarikan pengganti," kata Arifaini.

Untuk diketahui, sesuai aturan, anggota Polri tidak harus mengundurkan diri ketika mencalonkan diri sebagai Kades. Yang bersangkutan juga hanya mendapatkan cuti pada saat hari H pemungutan suara. Sebelum maju Pilkades, AKP Sukadi juga telah mengantongi izin dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO