​Gus Thoriq, Pencetus HSN Heran: Cak Imin Klaim Panglima Santri, Saya Jadi Hansip...

​Gus Thoriq, Pencetus HSN Heran: Cak Imin Klaim Panglima Santri, Saya Jadi Hansip... Joko Widodo manandatangani kontrak politik di bawah sumpah untuk menetapkan Hari Santri Nasional jika terpilih sebagai presiden di Pondok Pesantren Babussalam Banjar Rejo Pagelaran Malang Selatan Jawa Timur. Penandatanganan itu disaksikan Gus Thoriq dan masyarakat Malang. Saat itu status Jokowi masih calon presiden. foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pencetus (HSN), Gus Thoriq Darwis bin Ziyad heran terhadap A Muhaimin Iskandar (Cak Imin), ketua umum PKB, yang mengklaim sebagai panglima santri. Padahal Gus Thoriq sebagai pencetus HSN dan berjuang untuk mewujudkan gagasannya itu sampai diterima Presiden tak mengklaim apapun.

“Saya tidak tahu, kok bisa (Cak Imin) mengklaim sebagai panglima santri, sedang saya sebagai hansip…..hansip santri,” kata Gus Thoriq, pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Banjar Rejo Pagelaran Selatan Jawa Timur kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (15/10/2019).

( dan Gus Thoriq (paling kanan) menunjukkan surat kontrak politik di bawah sumpah untuk menetapkan . foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com)

Gus Thoriq memang penggagas awal HSN. Ia bahkan memperjuangkan HSN sejak 2011. “Awalnya saya mengundang 100 lebih pondok pesantren. Saya mengundang Gus Dur untuk deklarasi (HSN) di rumah. Gus Dur siap rawuh (datang) dengan catatan tidak ada halangan,” kata Gus Thoriq.

Tapi, kata Gus Thoriq, pas hari H Gus Dur sakit. “Gus Dur drop, sakit gigi,” kata Gus Thoriq. Gus Dur mengutus putrinya, Zannuba Arrifah Chafsoh yang akrab dipanggil Yenny Wahid.

“Neng Yenny hadir bersama suaminya. Saat itu masih manten baru,” tutur Gus Thoriq. Selain Yenny, hadir juga KH Kholil As’ad dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang saat itu menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Tapi saat itu gak ada respons,” ungkapnya. Menurut dia, baik Yenny maupun Gus Ipul, tak terlalu paham maksud gagasan Gus Thoriq. “Tidak ngerti. Karena saya bicaranya kan dengan Gus Dur,” kata Gus Thoriq.

( dan Gus Thoriq berangkulan saat berkunjung ke PP Babussalam di Selatan Jawa Timur. foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com)

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO