75 Paskibraka Gresik Tak Terima Uang Saku, Piagam, dan Janji Rekreasi

75 Paskibraka Gresik Tak Terima Uang Saku, Piagam, dan Janji Rekreasi Paskibraka Gresik usai dikukuhkan, beberapa waktu lalu. foto: istimewa

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah orang tua anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019, meradang. Sebab, putra-putri mereka yang masuk Paskibraka 2019 dan telah susah payah berpanas-panasan mengikuti latihan lebih se-bulan tak mendapatkan honor seperti yang telah dijanjikan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik. 

"Jadi, seperti uang saku, piagam yang telah dijanjikan tak kunjung diberikan. Janji akan diajak rekreasi pun hingga saat ini tak terwujud," ujar salah satu keluarga anggota Paskibraka 2019 kepada BANGSAONLINE.com, Ahad (29/9).

Dia menyayangkan tak kunjung diberikannya uang saku, piagam, dan janji rekreasi. Untuk saat ini, lanjut sumber tersebut, para anggota Paskibraka hanya menunggu kejelasan janji dari Dispora Gresik untuk merealisasikan janji-janji tersebut. "Mengapa uang saku Paskibraka tahun ini tak diberikan? Padahal setiap tahun ada. Paskibraka di tingkat kecamatan saja ada," cetusnya.

"Kalau faktanya tidak ada uang saku, seharusnya disosialisakan dari awal, sehingga anggota Paskibraka tidak mengharapkan," pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dispora Gresik, Agus Setya Prambudi menyatakan telah mendapatkan pengaduan soal uang saku, piagam, dan janji rekreasi Paskibraka 2019 yang tak kunjung diberikan. "Saya sudah cek di dokumen penggunaan anggaran (DPA) 2019, ternyata tak dianggarkan. Tahun sebelumnya (2018) ada, tapi tahun ini tak ada," katanya.

Menurut dia, Paskibraka selama latihan hingga bertugas mengibarkan bendera sang saka pada 17 Agustus hanya mendapatkan seperangkat pakaian dan makan. "Itu yang didapatkan. Tapi uang saku, piagam, dan rekreasi tak ada," terang mantan Kabag Humas ini.

Agus menyatakan telah mengklarifikasi KPA dan PPTK soal uang saku, piagam, dan janji rekreasi. "Karena di DPA tak muncul, jadi KPA dan PPTK tak berani mengatakan ada uang saku, piagam, dan rekreasi. Mungkin kakak senior Paskibraka 2018 yang mengatakan itu (ada uang sakunya dan lainnya, Red). Intinya kita tak pernah menyampaikan Paskibraka ada uang saku/honornya," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO