Senin, 21 Oktober 2019 00:38

Umbul Jambe, Taman Indah di Belantara Hutan Ngawi

Jumat, 27 September 2019 21:55 WIB
Editor: Maulana
Wartawan: Zainal Abidin
 Umbul Jambe, Taman Indah di Belantara Hutan Ngawi
Taman Umbul Jambe persis terletak di pinggir sungai.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Biasanya taman berlokasi di daerah perkotaan atau paling tidak di lingkungan pemukiman warga. Namun berbeda dengan Taman 'Umbul Jambe'. Letaknya di tengah-tengah hutan.

Umbul Jambe merupakan taman yang berada persis di dalam hutan lebat. Lain dari taman yang biasanya. Hingga untuk mencapai tempat yang indah ini membutuhkan ekstra tenaga dan kesabaran, mulai dari jalan makadam (belum aspal), serta jalan yang berliku.

Saran bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan Umbul Jambe sebaiknya memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu karena letaknya jauh dari permukiman dan jalan raya.

Umbul jambe ini terletak di Desa Babadan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Sebelum masuk hutan, terlebih dahulu melewati pedesaan kurang lebih 2 km-an dari jalan raya. Sedangkan masuk hutan sampai Umbul Jambe sekitar 1-2 Km.

Di dalam Umbul Jambe ini terdapat banyak keindahan di antaranya gapura selamat datang yang terdapat relief dan ukiran batu yang klasik.

Setelah masuk, pengunjung disambut 2 patung naga dan kemudian jembatan gantung yang indah dipadu warna merah dan putih. Kemudian di akhir jembatan juga disambut 2 patung singa berbadan kekar sedang duduk di depan relief. Pesona yang tak kalah takjub adalah sumber air yang tak pernah kering walaupun di musim kemarau. Bahkan airnya dapat langsung di minum.

Konon menurut cerita, air umbulan ini tidak mau bercampur dengan air kanan kirinya walau dalam satu aliran sungai. Selain itu juga terdapat tugu persatuan umat yang megah walaupun tidak sebesar monas. Di depan tugunya terhias taman yang cantik serta tempat duduk lengkap dengan meja dari batu.

Sedangkan Taman Umbul Jambe ini persis terletak di pinggir sungai. Hal ini menambah suasana adem dan nyaman, sehingga cocok untuk melepas lelah dan penat setelah seharian kerja.

Keindahan taman Umbul Jambe memang tidak diragukan lagi, terlebih ketika berada di bibir sungai akan semakin sejuk dan nyaman. Cocok untuk bermujahadah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Namun, suasana jadi agak mencekam ketika memasuki malam hari. Anda biasanya akan mendengar suara harimau, perempuan tertawa, bahkan terkadang meliha bayangan orang atau kilatan-kilatan cahaya seperti bola api.

Konon, di tempat ini juga pernah disinggahi tokoh-tokoh, mulai dari Soekarno (Bung Karno) Presiden Republik Indonesia pertama, juga Suharto. Dari cerita yang berkembang, Presiden RI pertama itu dikabarkan memperoleh desain Nusantara dari pelaku spiritual di tempat ini.

"Sungguh luar biasa pemandangan dan keasrian tempat ini. Sebelumnya di pikiran saya Umbul Jambe adalah tempat yang sangat angker dan penuh aroma mistis. Namun setelah sampai di sini, meleset dugaan saya. Hanya saja memang kurang prasarana. Jalan menuju masuk perlu untuk ditata dan duperbaiki," ujar Yan Kristianto salah satu pengunjung. (nal/lan)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...