Tak Dapat Jatah Pimpinan AKD, PKB: Itu Bagian Dinamika Politik

Tak Dapat Jatah Pimpinan AKD, PKB: Itu Bagian Dinamika Politik Ketua Fraksi PKB Yusuf Daniel bersama anggota lainnya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sikap kesatria dan berjiwa besar ditunjukkan oleh Fraksi PKB. Meski tak tidak mendapat jatah pimpinan di Alat Kelengkapan Dewan (AKD), partai berlambang bola dunia dengan 9 bintang ini tidak melakukan protes ataupun boikot selama proses pembentukan AKD.

Menurut keterangan Ketua Fraksi PKB Yusuf Daniel saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, hal itu merupakan bagian dari dinamika politik dan sharing power. "Bahwa partai PKB menilai pembentukan AKD yang dilaksanakan dalam sidang paripurna internal pada Rabu (18/09) kemarin sudah selesai. Meskipun kader PKB tak satu pun yang menempati pimpinan alat kelengkapan dewan, fraksi menganggap itu adalah hal yang bisa terjadi di dalam berpolitik," tuturnya.

"Itu bentuk dinamika dalam berpolitik. Dan, perlu saya garis bawahi juga, bahwa itu juga merupakan produk para partai politik di Kabupaten Pasuruan yang notabenenya adalah pendukung pemerintah juga seperti PKB," jelas Daniel.

Menurutnya, untuk membangun pemerintahan, Pemkab Pasuruan tidak mungkin bisa berjalan dengan sendiri tanpa dibantu oleh parlemen. Pasalnya, pembahasan, penganggaran, serta usulan pembangunan untuk kepentingan masyarakat banyak yang diusulkan melalui legislatif.

Sebagai partai dengan peraih suara terbanyak di Kabupaten Pasuruan, Daniel menegaskan tidak akan mengambil sikap lebih jauh meski tidak mendapat 'jatah' ketua di AKD. "Bahwa secara kelembagaan, DPRD adalah mitra pemerintah dalam merumuskan, menyusun program, baik tahunan maupun lima tahunan. Komposisi hasil anggota AKD yang sudah ditetapkan dalam rapat paripurna internal ini merupakan sharing power saja, tak ada istilah kalah atau menang," urainya.

"Kita berpolitik secara dewasa dan elegan. Tidak ada kalah atau menang. Dan, kami juga optimis pemerintahan di Kabupaten Pasuruan akan berjalan dengan baik mas. Untuk diketahui, semua parpol sudah sepakat mengusung Bupati dan Wakil Bupatinya," tambah Daniel. (bib/par/rev)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO